Saturday 7 July 2018

Tentang RPC Authority (Opini)


Berapa lama saya ga poting di blog ini? Hampir dua tahun? Ok, jadi apaada alasan bagus kenapa saya kembali kemari?

Saya sudah sebutkan sebelumnya bahwa terdapat masalah di situs scp-wiki karena admin memutuskan untuk merubah logo Yayasan SCP dengan warna pelangi untuk merayakan pride month, dan tentu saja, menurut beberapa testimoni yang bisa kalian lihat di video Mister Metokur mengenai msalah ini, komunitasnya sendiri menjadi sangat cancerous, dengan banyaknya 'special snowflakes' dan SJWs yang tidak bisa menerima kritik.

Kalau kita mau bicara soal 'insiden' di scp-wiki kita bisa bicara dan berdebat sampai semua orang dapat sakit pantat sampai mereka tidak bisa buang air besar lagi, dan karena saya dan Mister Metokur sudah bahas sol perihal tersebut, kalian tinggal baca postingan saya dan tonton video Metokur. Lagipula, ini bukan pertama kalinya situs cerita horror dirusak oleh fandomnya (uhukkuhukkcreepypastaUHUK!!), hal seperti hanya tinggal menunggu untuk terjadi.

Jadi, apa itu RPC Authority?
RPC Authority, berdasarkan canon, merupakan organisasi rahasia yang bertugas untuk menemukan anomali dan menjaganya agar tetap tersembunyi dan aman dari mata publik, seperti Yayasan SCP. Mereka tidak tunduk kepada siapapun, bukan bawahan siapapun, tapi tetap berjanji untuk melindungi umat manusia dari ancaman anomali untuk memastikan - setidaknya - tidak terlalu banyak kehilangan, seperti Yayasan SCP. Mereka juga melakukan riset terhadap anomali-anomali tersebut, dengan harapan untuk memajukan umat manusia, seperti, lagi, Yayasan SCP.

Kalau kalian belum ngerti juga: iya, RPC Authority ini kurang lebih SCP Foundation v2.0, tapi benar-benar lepas dari SCP Foundation sendiri. Formatnya juga sama kayak SCP Foundation, dari pemakaian nomor seri pada item-item yang dikumpulkan, tiga kelas objek utama (mungkin nanti mereka tambahin lagi), Prosedur Penyimpanan (kalau di RPC jadi 'Protokol Penyimpanan') disusul yang lumayan wajib macem Deskripsi sama Addendum dsj. Bahkan kalian bisa langsung liat dari situsnya yang mirip situs scp-wiki, dan sebelum diganti jadi yang sekarang, font nama situs di kiri atasnya juga mirip dengan di scp-wiki.

Sekarang, di luar canon, RPC ini apa? Menurut informasi yang bisa kalian bisa baca di bagian 'About the Authority', Komuntas RPC merupakan kumpulan penulis horror yang memiliki harapan untuk mengambil kembali keajaiban dalam Yayasan SCP pertama. Mereka menganggap bahwa "moderasi situs SCP telah menghancurkan atmosfir yang menjadikan Yayasan spesial, dan RPC ada di sini untuk membangun kembali."

Lihat saja tulisan yang saya maksud di gambar yang saya lampirkan di bawah, kalian pasti suka:

You smell that? Some fine salts from both sides. I love it...
Saya akan bahas lebih banyak lagi mengenai RPC, tapi untuk sekarang lebih difokuskan ke pendapat pribadi saya dulu, sementara unsur-unsur internal lainnya akan saya tulis nanti (mungkin di sini, di laman SCP-Foundation - Indonesia, atau di KasKus).

Pendapat Pribadi
Saya sudah bilang kalau komunitas SCP ga suka sama 'perubahan' di scp-wiki, dan saya salah satu yang cukup... agresif, kemudian, daripada duduk diem di pojokan sambil nanges, komunitas pun memutuskan untuk membuat salinan scp-wiki, dan - kurang lebih - mulai dari awal. Kalau kalian lihat situsnya sendiri, ya... emang masih belum banyak lah, but just give it time.

Kemudian soal tiga kelas objeknya, yang menurut saya sedikit agak membosankan. Alpha, Beta, dan Gamma? Really? Adek gua yang retarded aja mungkin bisa mikirin buat namain kayak gitu. Tapi penilaian ini cuma nitpick, sih, bukan yang ngeganggu ane banget, dan kayaknya semua orang bakal terbiasa, jadi, ya...

Bagaimana prediksi saya mengenai masa depan nih situs? Kalau saya ga tahu lebih baik, saya mungkin bakal bilang "ini situs dibikin dengan niat balas dendam, sementara scp-wiki dibikin dengan passion, jadi ga bakal sukses deh". Hanya saja, pertama, motif untuk membuat sesuatu ga ada hubungannya dengan entah sesuatu itu bakal berhasil atau gagal, dan kedua, saya ga bisa bilang kalau situs ini muncul dengan 'niat balas dendam', karena pastinya ada passion di dalamnya. Lagian, kalau emang motifnya balas dendam, mungkin itu cuma motif dari beberapa member. Ingat: RPC ini macem SCP, yaitu berbasis komunitas, jadi kalau saya bilang pembuatan RPC ini untuk 'balas dendam', sama aja dengan melakukan hasty generalization.

Kemudian ada aspek ketiga, yaitu bahwa passion dan dendam kurang lebih selalu berpegangan tangan setiap saat, jadi... ya...

RPC-548 - The Hateful Star, artikel top rated RPC Authority (yang dieksport dari scp-wiki)
Tapi, mungkin tidak perlu dibilang lagi kalau saya, seperti banyak orang, tertarik ingin melihaat bagaimana RPC Authority akan berkembang. Saya bakal tetap menjaga supaya harapan saya rendah, tapi saya tetap akan mengharapkan yang terbaik untuk situs baru ini.

Rasanya memang sedih melihat yang terjadi kepada situs Yayasan sekarang benar-benar terjadi, tapi, ya... namanya juga berbasis komunitas. Semoga jika situs RPC ini menjadi sama suksesnya (kalau itu bakalan bener-bener terjadi) tidak akan mengalami yang sama.

==And as always, have a nice day==





No comments:

Post a Comment