Thursday 27 August 2015

Lebih Banyak Tentang SCP Foundation



Kita semua tahu soal "SCP Foundation" merupakan latar dari game "SCP Containment Breach", tapi kalian mungkin tidak tahu lebih banyak soal asal muasalnya. Di artikel ini saya akan jelaskan lebih banyak dan lebih jelas soal SCP Foundation atau Yayasan SCP.

Yayasan SCP bekerja secara diam-diam di seluruh dunia, Yayasan bekerja di luar wilayah hukum, diperkuat dan dipercaya oleh setiap pemerintahan besar nasional dengan tugas yaitu untuk menyimpan objek, wujud dan fenomena ganjil. Keganjilan-keganjilan tersebut merupakan ancaman signifikan untuk keamanan global dengan ancaman fisik maupun psikologi.

Yayasan bertugas untuk mempertahankan kenormalan, agar populasi sipil di seluruh dunia bisa hidup dan melanjutkan keseharian mereka tanpa rasa takut, ketidakpercayaan atau keraguan atas keyakinan mereka, dan untuk mempertahankan kebebasan manusia dari pengaruh luar angkasa, luar dimensi dan luar biasa.

Pernyataan Misi


Misi kita terdiri dari tiga:

Secure

Yayasan mengamankan anomali dengan tujuan mencegah mereka dari jatuh ke tangan lembaga sipil atau saingan, melalui pengamatan yang luas dan pengawasan dan dengan bertindak untuk mencegah anomali tersebut pada kesempatan paling awal.

Contain

Yayasan menyimpan anomali dengan tujuan mencegah pengaruh atau efek mereka menyebaran, baik oleh relokasi, menyembunyikan, atau pembongkaran anomali tersebut atau dengan menekan atau mencegah penyebaran pengetahuan masyarakat daripada mereka.

Protect

Yayasan melindungi umat manusia dari efek anomali yang disebutkan serta anomalinya sendiri hingga waktu mereka dengan baik sepenuhnya dipahami atau teori baru ilmu pengetahuan dapat disusun berdasarkan sifat dan perilaku mereka. Yayasan juga dapat menetralisir atau menghancurkan anomali sebagai pilihan terakhir, jika mereka berniat untuk menjadi terlalu berbahaya untuk disimpan.

Istilah

Ada beberapa istilah dalam Yayasan yang harus dipahami.

Special Containment Procedure (Prosedur Penyimpanan Khusus)

Yayasan menjaga database yang luas berisi informasi mengenai anomali yang membutuhkan Prosedur Penyimpanan Khusus, biasa disebut SCP. Database utama Yayasan mengandung ringkasan soal anomali tersebut dan prosedur darurat untuk mempertahankan atau mendirikan ulang penyimpanan aman dalam kasus pembongkaran penyimpanan atau kejadian lain.

Anomali dapat mengambil banyak bentuk, baik itu obyek, wujud, lokasi, atau fenomena yang berdiri bebas. Anomali-anomali ini dikategorikan menjadi salah satu dari beberapa Kelas Obyek dan bisa tersimpan di salah satu dari banyak fasilitas aman milik Yayasan atau disimpan di tempat jika relokasi dianggap tidak dapat dilaksanakan.

Keamanan Operasional

Yayasan beroperasi dengan kerahasiaan sepenuhnya. Semua personil Yayasan harus mengamati Tingkat Izin Keamanan serta kebutuhan-untuk-tahu dan kompartementalisasi informasi. Personil yang ditemukan melanggar protokol keamanan Yayasan akan diidentifikasi, ditahan, dan dikenakan tindakan disiplin.

Agensi Rival dan Group of Interest

Yayasan bukan satu-satunya organisasi dengan pengetahuan dan kemampuan berinteraksi dengan atau memanfaatkan anomali. Sementara beberapa dari Groups of Interest memiliki tujuan yang sama dan dapat bekerja sama dengan kami pada isu-isu keamanan global, banyak lagi yang oportunistik dan berorientasi pada keuntungan, berusaha untuk beradaptasi atau menggunakan anomali untuk tujuan mereka sendiri. Personil Yayasan diperintahkan untuk mencurigai individu dari kelompok tersebut setiap saat, dan kolaborasi dengan kelompok-kelompok tersebut tanpa persetujuan terlebih dahulu dari kepemimpinan Yayasan akan menyebabkan pemutusan atau tindakan disiplin lainnya.

Group of Interest diantaranya adalah Global Occult Coalition (GOC), The Serpent's Hand, The Fifth Church dan Doctor Wondertainment.

Beberapa SCP Terfavorit

Dalam database Yayasan, terdapat lebih dari 2500 SCP dengan kelas-kelas tertentu. Sebelum kita ke SCP-nya, kita akan membahas soal kelas-kelasnya.

Safe

Anomali dengan kelas ini bisa dibilang cukup dimengerti untuk dilaksanakannya penyimpanannya. Bagaimanapun, bukan berarti objek tersebut sama sekali tidak berbahaya. Apapun bendanya bisa jadi berbahaya bila diaktifkan atau diprovokasi.

Euclid

Anomali dengan kelas ini terbilang sulit ditebak meskipun tidak menimbulkan cukup banyak bahaya untuk dijadikan Kelas Keter. Penyimpanan masih mungkin dilakukan, namun berapa lama atau berapa efektif Prosedur Penyimpanan tersebut pantas dipertanyakan.

Keter

Anomali dengan Kelas Keter merupakan anomali yang dapat menimbulkan bahaya yang besar bagi umat manusia. Prosedur Penyimpanan untuk anomali dengan kelas ini sangat kompleks dan dalam beberpa kasus, harus dinetralisir atau dimatikan secepat mungkin.


Selanjutnya, saya mengumpulkan beberapa SCP yang paling menarik diantara mereka.

SCP-173


SCP yang memiliki Kelas Euclid ini merupakan makhluk yang terbuat dari beton dan besi penyangga. Dia tidak dapat bergerak bila berada pada garis pandang langsung, namun saat dia berada diluarnya, dia dapat bergerak sangat cepat dan ketika dia cukup dekat dengan manusia maka dia akan mencekik dan memelintir leher manusia tersebut.

SCP ini, bisa dibilang, merupakan SCP pertama yang diperlihatkan datanya. Mungkin ini juga SCP yang perama kali ditemukan, tapi tidak ada pernyataan resmi tentang hal itu.

SCP-682

SCP ini memiliki Kelas Keter, yang dari namanya terbaca bahwa makhluk ini benar-benar sangat berbahaya. SCP-682 merupakan makhluk menyerupai kadal yang memiliki kekuatan sangat besar, memiliki ketahanan tinggi dan dapat meregenerasi bagian tubuhnya dengan sangat cepat. Berita buruknya: Dia membenci manusia. Sangat, sangat membenci manusia hingga dia tidak punya keraguan melukai, membunuh bahkan menghancurkan manusia di depannya.

Saya pernah melihat satu dokumen yang mengatakan dia pernah lepas sampai ke China. Selebihnya, menurut data yang dilampirkan, SCP-682 membunuh satu keluarga petani sebelum akhirnya ditangkap oleh Yayasan. Dia juga sudah membunuh banyak personil Yayasan dan paling sering membongkar penyimpanan.



SCP-055

Apa? Saya tidak pernah tahu nomor SCP ini pernah ada? Hmm...

SCP-055 merupakan wujud yang bentuknya tidak diketahui dan apapun soalnya tidak ada yang diketahui. Beberapa hal yang diketahui darinya adalah bahwa dia disimpan di ruangan tertutup dan yang paling penting: Siapapun yang melihat, mendengar dan bersentuhan dengannya akan melupakan semua interaksi itu. Para peneliti bisa menulis tentangnya setelah melakukan pengamatan dan mengambil foto atau video, namun tiba-tiba otak mereka akan kehilangan rasa menarik dan semua informasi soal SCP-055 akan bocor dari otak mereka.

Dan yang lebih penting lagi: Dia bukan bola.

SCP-087

Yang satu ini sangat meresahkan.

SCP-087 merupakan tangga yang menuju ke bawah, terus ke bawah dan mungkin tidak ada ujungnya. Yayasan sudah mengirim beberapa orng masuk, beberapa kali, namun ujungnya tidak pernah terlihat. Di dalam area SCP-087 terdapat satu wujud tidak diketahui yang dinamakan SCP-087-1 yang dapat membuat suara tangisan anak kecil, dapat mengikuti siapapun di area SCP-087 dan mengetuk pintu menuju SCP-087. Sifat asli dari SCP-087-1 tidak diketahui, namun ada kemungkinan dia membunuh manusia dengan satu atau beberapa cara.

SCP-049

Ini merupakan SCP yang dianggap keren oleh orang-orang selain SCP-682, karena dia adalah dokter dari masa Kerajaan Britania Raya di mana beberapa tempat dijangkit oleh wabah penyakit. Kalian mungkin pernah melihatnya di Urban Legend atau Creepypasta sebagai dokter yang mengobati pasiennya, namun membunuhnya, entah itu memang maksudnya atau tidak.

Penjelasan Tambahan

Ada perkataan mengenai Yayasan adalah sekelompok orang jahat yang mengorbankan orang lain demi kepentingannya sendiri, tapi saya jamin bahwa Yayasan tidak berniat jahat. Anomali-anomali tersebut memang ada yang dibuat manusia, namun bukan Yayasan. Kami hanya menemukan mereka dengan suatu cara, kemudian Mengamankan dan Menyimpan anomali tersebut demi Mengamankan (pilihan kata yang buruk) umat manusia agar bisa hidup normal.

Lagipula, orang-orang yang kami 'korbankan' merupakan penjahat, terutama yang telah mendapatkan hukuman mati. Jadi, mereka memang pantas mendapatkannya.

Dengan postingan ini juga saya mempromosikan satu Facebook Page, yaitu SCP Foundation Indonesia. FP ini mengumpulkan beberapa terjemahan artikel SCP. Kalian juga bisa request SCP mana yang kalian ingin artikelnya diterjemahkan, dan ketahuilah admin di sana sangat ramah dan menjawab pertanyaan kalian soal SCP.

Channel YouTube yang berkaitan juga akan mulai ON.

Jadi kalau ada tambahan, beritahu saya lewat komentar postingan ini. Itu akan sangat membantu.

--And as always, have a nice day--

3 comments:

  1. 0-0 HES BREACH!! hes on breach im show you scp 049 scp 049 hes on! to poisen when you died when man dead you are be zombie by 049 For Mobile task force Meet By Nine Tailed Fox

    ReplyDelete
  2. Nine Tailed Fox Has Dont to do For alert Nine Tailed Fox Come For Jailed anything he do So hes know where you are Nine tailed Fox just containment Scp Scp all and not Scp 173 scp all Scared to see Nine Tailed Fox Because what Hes Contain and bring back scp to him self him room And Then Your Are Class D or Janitor Class D can to be Killied By Nine Tailed Fox because need team Scp Foundation,Janitor,Scp Guard,Admisntartion,Chaos Insurgey,Global,Mobile Task Force ask you this is of Place For 3 weeks To containment Theres Site Level Containment Breach So they Escaped Scp Station For He Found Human When You see SCP 096 and Guard Has Mobile War For Voice Guard:Oh not bad not bad #Shotting Gun Shot to Scp# #Sound Creepy Dead#

    ReplyDelete