1. Script "NyawaPemain.js"
Kita membuat dua variabel yang menunjukkan Nyawa pemain (Nyawa) dan kuantitas Nyawa maksimal pemain (NyawaMax).
"Nyawa = NyawaMax;" di dalam function Start memberi perintah untuk menyetting jumlah var Nyawa sama dengan jumlah var NyawaMax.
Berjaga-jaga bila kita diserang sampai Nyawa < 0 dan mau membuat fungsi healing nantinya, maka dituliskan seperti yang ada di dalam function Update. Agar Nyawa tidak bisa kurang 0 ataupun lebih dari var NyawaMax (100).
Kemudian di function ApplyDamage ditunjukkan bila var Nyawa pemain <= 0, maka kita akan memanggil function Mati.
function Mati-paling tidak untuk sekarang-hanya akan mengirimkan tulisan "You Isded" bila diaktifkan.
2. Script "AIMusuh.js"
var Target = Transform;
Maksud dari Transform adalah Scale, rotasi dan posisi dari Object (yang dalam tutorial ini adalah Pemain).
Dalam function Update, kita mengatur var Jarak untuk mengukur angka jarak antara Musuh dengan Object Target (yang dalam tutorial ini adalah Pemain).
Kita ingin membuat musuh melihat ke arah Pemain bila dalam jarak tertentu, itulah fungsi dari if yang ada di dalam function Update.
Dalam function Lihat kita men-setting var rotation menggunakan Quaternion.LookRotation. Ini berarti kita membuat rotasi dengan posisi depan yang spesifik.
Untuk transform.rotation, kita gunakan Quaternion.Slerp, kita menyisipkan rotasi antara "from" dan "to".
Dalam function Serang kita menginginkan Musuh untuk mendekati Pemain. Dengan transform.Translate kita ingin Musuh bergerak maju dengan kecepatan yang sudah diatur dalam var Kecepatan. Time.deltaTime berarti Frame Rate tidak mempengaruhi kecepatan gerak.
Jadi itu saja yang akan saya tulis di artikel ini. Bila ada pertanyaan, tanyakan ke Facebook saya.
And... have a nice day.
Maksud dari Transform adalah Scale, rotasi dan posisi dari Object (yang dalam tutorial ini adalah Pemain).
Dalam function Update, kita mengatur var Jarak untuk mengukur angka jarak antara Musuh dengan Object Target (yang dalam tutorial ini adalah Pemain).
Kita ingin membuat musuh melihat ke arah Pemain bila dalam jarak tertentu, itulah fungsi dari if yang ada di dalam function Update.
Dalam function Lihat kita men-setting var rotation menggunakan Quaternion.LookRotation. Ini berarti kita membuat rotasi dengan posisi depan yang spesifik.
Untuk transform.rotation, kita gunakan Quaternion.Slerp, kita menyisipkan rotasi antara "from" dan "to".
Dalam function Serang kita menginginkan Musuh untuk mendekati Pemain. Dengan transform.Translate kita ingin Musuh bergerak maju dengan kecepatan yang sudah diatur dalam var Kecepatan. Time.deltaTime berarti Frame Rate tidak mempengaruhi kecepatan gerak.
Jadi itu saja yang akan saya tulis di artikel ini. Bila ada pertanyaan, tanyakan ke Facebook saya.
And... have a nice day.
This comment has been removed by the author.
ReplyDelete