Saturday 7 February 2015

TEORI TENTANG FIVE NIGHTS AT FREDDY'S 3



















Teori tentang Five Nights at Freddy's 3 - Five Nights at Freddy's 3-kemungkinan besar-akan dirilis tahun ini. Developer gamenya, Scott Cawthon merilis beberapa teaser dan petunjuk untuk memperlihatkan apa saja yang akan kita lihat saat kita mainkan gamenya.

Seiring dengan berjalannya waktu,banyak sekali spekulasi dan teori yang berdatangan berhubungan dengan semua teaser dan sebagainya. Beberapa pertanyaan pun muncul, seperti "siapa animatronic itu?", "dimana kita sebenarnya?" dan "apakah benar kalau bla-bla-bla?". Semua teori itu terkumpul di artikel ini, yaitu berdasarkan para theorists dan saya sendiri, dan inilah dia:

1. Siapakah Animatronic Itu?

Bagi yang sudah menonton teaser trailer-nya pasti sudah mengetahui soal kehadiran sesosok animatronic berwarna emas-atau coklat (atau kuning). Dia memiliki telinga panjang yang terpotong, yang bila dilihat kemungkinan telinga kelinci-yang menimbulkan banyak praduga yang mengatakan kalau dia semacam Bonnie yang sudah karatan.

Hanya saja beberapa theorists percaya kalau dia adalah Golden Freddy. Tapi, yang benar saja, jelas itu bukan Freddy si beruang dengan telinga panjang yang terpotong itu. Hanya saja, kalau dipikir-pikir... sudahlah, kita lihat saja setelah gamenya rilis.

Ada satu hal lain yang menarik, yaitu teori kalau si animatronic itu sebenarnya adalah wujud lain dari Marionette/Puppet, yang saya temukan di video milik 8-BitGaming. Coba saja search videonya.

2. Kenapa hanya Satu Tersisa?

Beberapa peminat FNaF sedikit kecewa karena hanya satu animatronic yang ada di game ketiga ini. Tapi bagaimana game ini bisa menarik hanya dengan satu animatronic? Biasanya seri FNaF selalu menarik dengan banyaknya antagonis (animatronics) dengan perilaku yang berbeda untuk tiap karakter. Hanya saja, sepertinya itulah yang membuat para peminat tertarik.

Ada tiga teori yang paling bisa disetujui dalam hal ini:
1. Scott tidak sungguh-sungguh saat dia mengatakan hanya ada satu animatronic. Ya, Om Scott memang mengatakan sesuatu seperti "the attraction has now one animatronic", hanya saja kata "now" atau "sekarang" terdengar terlalu spesifik. Mungkin maksud dari kata itu ("now" atau "sekarang") adalah malam pertama. Kemudian animatronic lain akan bermunculan di malam-malam selanjutnya. Tapi, ya, ini hanya teori.

2. Perilaku dari animatronic tersebut random atau katakan saja acak/sembarang. Kemungkinan besar, berbeda dengan animatronic lain (dan memang semestinya begitu), animatronic tersebut memiliki lebih dari 1 cara untuk menangkap protagonis kita-sang penjaga malam. Misalnya: Di satu saat dia akan menyerang dengan cepat seperti Foxy, dan dia juga bisa membuat kalian tidak bisa melakukan... hal yang harus kalian lakukan untuk bertahan.

3. Ancaman lain. Yang saya maksud adalah, mungkin memang benar hanya ada satu animatronic, tapi bagaimana bila ada ancaman lain, seperti toxic, maling dan sebagainya. Yep, ini hanya teori, alias praduga.

3. Mana Dimana... Si Purple Guy? (ke jonggol...)

Ada banyak sekali spekulasi soal kemana perginya Purple Guy, dan dari setiap spekulasi, hasilnya akan bercabang-cabang, kalau kalian mengerti. Tapi saya lebih setuju dengan teori yang berdasarkan satu sumber, yaitu tulisan "He always does" berwarna ungu yang ada sesaat di situs milik Om Scott.

Seperti yang kita tahu, kepercayaan soal siapa Purple Guy terbagi dalam sedikit namun berbagai aliran. Mulai dari teori soal Purple Guy adalah Phone Guy (those identical initials, lol), Purple Guy hanya orang lain sampai ke teori kalau pemain sendiri itulah sang Purple Guy.

Bagi kalian yang percaya kalau Phone Guy adalah Purple Guy, maka seperti kalian tahu kalau Phone Guy sudah terbunuh di game pertama, yang berada paling depan di timeline FNaF dan FNaF 2. Kemungkinan, bila tidak salah, animatronic kelinci di game ketiga itulah Purple Guy. Kemungkinan di dalam sanalah dia berada sekarang setelah dipakaikan kostum oleh para animatronic di game pertama. Tapi, ya, semenjak tidak ada petunjuk soal kelinci emas di game pertama, itu masih belum 100% tentu. Tapi hey, ini hanya teori.

Bagi yang percaya kalau Purple Guy adalah orang lain dan tidak terlibat terhadap apapun pada permainan ini kebanyakan mengatakan kalau dia berulah lagi dengan membunuh orang lain dan memakaikan kostum animatronic kelinci emas itu pada korban.

Bagi yang percaya kalau karakter kitalah Purple Guy, menyambung dari teori di atas, siapapun korban yang dipakaikan kostum animatronic tersebut mencoba balas dendam dengan... apapun yang akan dia lakukan setelah menangkap pemain. Dan karakter kita adalah penjahat yang mencoba menghindar dengan... bagaimanapun caranya.

Update: Teori Five Nights at Freddy's terbaru

4. Arti dari Tulisan-tulisan pada Teaser Trailer?

Terlepas dari teori sebelumnya dan tulisan ungu bertuliskan "He always does", teaser trailer dari Five Nights at Freddy's 3 menunjukkan beberapa tulisan seperti di bawah ini:
Dia akan kembali
Dia selalu melakukannya

Kami/kita punya tempak untuknya
Bisa kita lihat kalau kalimat-kalimat tersebut menggunakan subjek "He" dan di kalimat terakhir dengan konsonan "for him". Sedangkan kata "He" dan "Him" adalah mengisyaratkan panggilan yang pasti. Yang dimaksud dengan itu adalah, kita yakin dia laki-laki/anak laki-laki/binatang jantan, maka dia dipanggil "He".

Banyak teori bermunculan soal kalimat-kalimat ini, diantaranya:
1. "He"adalah Purple Guy dan "We" adalah para animatronic, yang berhubungan dengan teori sebelumnya kalau Purple Guy dipakaikan kostum animatronic kelinci emas itu saat dia terbunuh di game pertama.

2. "He" adalah si pemain dan "We" adalah para animatronic. Ini tidak begitu masuk akal karena ada gamer cewek yang bermain game ini. Tapi kalau itu memang benar, saya tidak begitu mengerti, tapi game ini mengatakan kalau tempat di FNaF 3 ini adalah tempat yang pantas untuk si pemain.

3. "He" adalah si penjaga malam dan "We"... masih para animatronic. Ya, tidak jauh dengan nomor dua. Mungkin maksudnya sama saja.

Jadi, itu semua teori yang bisa saya temukan, entah dari theorist lain, dan penalaran (+mimpi) saya sendiri. Biar saya tahu kalau ada teori-teori lain yang kalian temukan dengan menuliskannya di suatu tempat dan mengirim linknya ke saya, karena saya sangat menghargai itu.

Oh, dan jangan lupa kunjungi channel YouTube saya. Kemungkinan saya akan memainkannya dan meng-uploadnya kesana.

Update: Untuk yang ingin memainkan gamenya, kalian bisa beli Five Nights at Freddy's 3 di Amazon (Apps) atau di Steam

Update: Teori Five Nights at Freddy's terbaru sudah saya tulis di blog saya

--And... have a nice day--

31 comments:

  1. "mungkin", memang benar kalau "kelinci emas / Springtrap" adalah si "purple guy". purple guy sebenarnya sudah terbunuh sesaat setelah kejadian pembantaian di fazbear pizzaria, dilihat dari fnaf 1, ada sebuah ruangan yg yg tidak bisa kita lihat menggunakan kamera, dan hanya ada suara ricuh dari sana, sebenarnya itu adalah suara springtrap yg mencoba kabur dari dapur !, dapur tempat springtrap mula mula ditaruh ! #CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dialog dari Phone Guy (atau mungkin Purple Guy) itu di pre-recorded mz. Kan dia bilangnya, " Um, I-I'm kinda glad that I recorded my messages for you *clears throat* uh, when I did." Kemungkinan Purple Guy mati di area restoran sebelumnya. (Maaf, telat)

      Delete
  2. Inget gan. Telepon phone guy di fnaf2 night 6. Dia bilang ad org yg nyolong "yellow suit" dan dipake buat nyokcrok bocah pake gir sepeda. Yellow suit itu tak lain adalah golden freddy. Dan yg nyolong itu adalah purple gay. Sedangkan di fnaf 3purple gay make yellow suit springtrap, bukan golden freddy. Jadi, kemana si golden freddy di fnaf3? ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu Freddy yg nge-jumpscare di FNaF 3? Itu Golden Freddy. Freddy yg biasa dipajang di depan pintu kantor.

      Delete
    2. Tapi itu epic moment banget kalo golden freddy nge jumpscare

      Delete
    3. Nih dia di hantui sama animatronix di film nya. Dia ngumpet pake baju spring trap tapi malah dia kebunuh di dalem baju spring trap

      Delete
  3. katanya ada misteri golden freddy di depan pintu kantor di FNAF 3

    ReplyDelete
  4. Yang kutau berdasarkan mini game dari Fnaf3 yang terakhir. Purple guy masuk ke seragam golden bunny dan mati. Nah golden bunny inilah yang ada di Fnaf3 sebagai sprinhtrap.

    Itu aja sih yang kutau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg bnerr spring bonnie spring trap itu nama baru gara2 purple guy gk bisa keluar dari spring bonnie

      Delete
    2. Yg bnerr spring bonnie spring trap itu nama baru gara2 purple guy gk bisa keluar dari spring bonnie

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. hmm kan klo di ceritanya sih fnaf 2 dulu trus fnaf 1, fnaf 3, dan seterusnya. . yg saya bingung adalah . . kok ada banyak purple guy?? kan dia udah mati di tubuh spring bonnie, trus di game selanjutnya ( bukan fnaf 4) fnaf sister location dia muncul lagi, nah di game fnaf sisterlocation ada 3 purple guy yg muncul, 1 orang yg kita pakai, 2 org yg lawan ennard, 3 org yg mati karena memuntahkan banyak bagian bagian robot, nah berarti ada 5 dong?? ( yg ke lima itu mike smith

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Gua udah dapat game yang baru Sister location

    ReplyDelete
  8. Tapi ko di fnaf Sister location ko nama nya ko diganti mulu si kan Night pertama eggsbendecit terus night 2 ko diganti angsyteen


    ReplyDelete
  9. Tapi masalahnya ko siapa yang pas di depan kantor itu freddy atau Golden freddy si ko bingung

    ReplyDelete
  10. di fnaf sister location sudah tamat(end)belum.jika sudah tamat,pasti kalian tau kenapa di fnaf3 purple guy yang ada dibalik kostum springtrap

    ReplyDelete
  11. ya,saat di fnaf sister location saat ada di scooping room, kalian akan lihat ada sosok di depan kaca yaiti dia adalah ednard dan berberapa waktu kemudian kalian akan digetok gak tau pake apa .saat itu kau mendengar suara anak kecil perempuan dan kalian akan liat benda yaitu pasta gigi,cermin,dll.

    ReplyDelete
  12. di fnaf sl,saya akan lanjutkan comment yg diatas.di cermin akan ada sosok hitam yaitu orang yang kita mainkan, berberapa detik kemudian sosok itu mengeluarkan mata ungu yg bukan mata manusia kalau dibilang dia itu pink guy.dia mempunyai mata ungu karena dia sdh mati dan ednard masuk/bersembunyi ke dlm tubuh dia(orang yg kita mainkan)

    ReplyDelete
  13. saat itu pink guy pergi ke freddy fazbear pizzeria untuk menghancurkan para animatronics.saat sdh sampai,dia mengambil kampak untuk menghancurkan para animatronics(bisa kalian lihat di minigame fnaf3)saat semua animatronics sdh hancur,ada sosok putih yaitu arwah anak 2×yg dibunuh purple guy. LANJUT DI COMMENT BAWAH

    ReplyDelete
  14. saat itu pink guy ketakutan dan pergi ketempat purple guy membunuh anak-anak,dan disitu ada kostum spring bonnie dan pink guy memakainya agar arwahnya menjauh.tapi ia ceroboh,karena kostum spring bonnie itu bautnya lepas dan ia berdarah-darah dan kulitnya melepas dan hanya tersisa daging dan kepalanya.dilanjutka dicomment bawah

    ReplyDelete
  15. nah saat itulah arwah anak-anak yg dibunuh purple guy itu tenang dan tdk masuk kedalam kostum animatronics.nah animatronics yg rusak itu dipajang dan saat itu freddy fazbear pizzeria tutup dan berberapa tahun kemudian kostum spring bonnie rusak dan membusuk dan hiduplah springtrap,dia hdp karena ada ednard ditubuhnya yg mengendalikannya itulah alasan kenapa purple guy atau pink guy hdp kembali dengan kostum spring trap

    ReplyDelete
  16. setahu saya urutan game fnaf yaitu dari fnaf 4,fnaf2,fnaf1,fnaf SL,fnaf3,begitulah yg aku tau

    ReplyDelete
  17. nah saat itulah arwah anak-anak yg dibunuh purple guy itu tenang dan tdk masuk kedalam kostum animatronics.nah animatronics yg rusak itu dipajang dan saat itu freddy fazbear pizzeria tutup dan berberapa tahun kemudian kostum spring bonnie rusak dan membusuk dan hiduplah springtrap,dia hdp karena ada ednard ditubuhnya yg mengendalikannya itulah alasan kenapa purple guy atau pink guy hdp kembali dengan kostum spring trap

    ReplyDelete
  18. saat itu pink guy ketakutan dan pergi ketempat purple guy membunuh anak-anak,dan disitu ada kostum spring bonnie dan pink guy memakainya agar arwahnya menjauh.tapi ia ceroboh,karena kostum spring bonnie itu bautnya lepas dan ia berdarah-darah dan kulitnya melepas dan hanya tersisa daging dan kepalanya.dilanjutka dicomment bawah

    ReplyDelete
  19. ya,saat di fnaf sister location saat ada di scooping room, kalian akan lihat ada sosok di depan kaca yaiti dia adalah ednard dan berberapa waktu kemudian kalian akan digetok gak tau pake apa .saat itu kau mendengar suara anak kecil perempuan dan kalian akan liat benda yaitu pasta gigi,cermin,dll.

    ReplyDelete
  20. Kalau teori ku Itu Purple guy Itu mati Pas pakai costume Springtrap atau springbonnie, Kalah nggak salah pas si purple guy pake Costume itu Eh... Costume nya malfunction Dan malah ngebakar Purple guy dan Badan nya Purple guy Masuk ke Boneka nya, Coba kalian liat Video Fnaf " Die In Fire" walaupun Itu Musical Video tapi ada misteri du dalamnya, Ok cuman itu doang

    ReplyDelete
  21. Sebenernya yg nelpon di fnaf pertama itu siapa sih purple guy apa org asli kalo purple guy kaya gak masuk akal soalnya di night 4 kan org yg nelpon nya mati di bunuh golden freddy

    ReplyDelete
  22. Purple guy sebenarnya ada di fnaf 1
    Saat night 5 kita mendengar
    Si penelepon menelepon kita dengan
    Suara menyeramkan
    Ada yang bilang itu si penelepon
    Tewas di jumscare golden Fredy
    Saat akan menelepon kita

    ReplyDelete