Monday 20 July 2015

Kemampuan yang Harus Dimiliki Gamer Pro



Bila kalian suka duduk di depan komputer kalian sambil bermain Point Blank, League of Legend atau game sejenisnya beberapa lama dalam setiap saat, maka kalian berpotensi menjadi gamer professional. Menjadi seorang gamer professional dapat memberi kalian kesempatan untuk mendapat keberuntungan dalam bermain game kesukaan kalian.

Menjadi gamer professional sama sekali tidak mudah - menjadi professional dalam apapun tidaklah mudah. Keahlian dalam suatu hal tidak akan datang dalam semalaman, dibutuhkan banyak pengalaman dan kerja keras agar seseorang bisa jadi ahli dalam suatu bidang.

Terserah kalian jika ingin meluangkan 12 jam per hari untuk berlatih atau tidak untuk menghidupi dan memberi nafas bagi skill gaming kalian. Yang tertulis di bawah adalah semua yang harus kalian miliki untuk menjadi gamer professional:

1. Kerja Sama


Sebagian besar game membutuhkan kerja tim untuk mencapai kemenangan. Kerja sama sangat penting untuk kesuksesan besar. Tidak mungkin satu orang sendiri bisa menang dalam permainan tim. Kalian harus menghabiskan banyak waktu bersama teman satu tim kalian, untuk mengenal mereka lebih baik dan mengembangkan strategi untuk memenangkan permainan. Membuat rencana dan mempelajari peran kalian dalam tim akan membantu tim meraih kesuksesan.

2. Kedewasaan

Jika beberapa dari kalian merupakan jenis-jenis gamer yang terus bertindak seperti bocah di game (kalian tahu:"ccd lo", "cit an****"), maka kemungkinan kalian untuk sukses benar-benar minim, atau setidaknya, kalian membuat diri kalian sendiri terlihat memalukan.

Ada banyak kejuaraan gaming yang diadakan, dan dengan banyak orang menonton, sportifitas dan kedewasaan sangat diperlukan oleh gamer professional, dan tidak hanya di depan orang-orang, namun di game juga. Gameplay adalah elemen yang paling pasti dinilai. Kalian tanya, bagaimana? Definisi dari kedewasaan adalah mengetahui apa yang benar dan apa yang salah, termasuk dalam gameplay. Jangan menggunakan cheat, jangan asal Vote Kick tanpa alasan yang dapat diterima, dan jangan menilai pemain lain dengan kata-kata kotor.

3. Fokus


Ini mungkin satu hal yang paling sulit, karena saya tahu sebagian besar dari kalian adalah orang yang memiliki pekerjaan dan kelompok pelajar, tapi seperti yang saya bilang: Menjadi professional dalam apapun tidaklah mudah.

Setiap gamer kompetitif mendapat keahlian mereka karena mereka meluangkan waktu bertahun-tahun untuk bekerja keras dan berjuang untuk mengembangkan gaming skill mereka. Pada permainan apapun, lebih banyak kalian bermain, semakin banyak kalian belajar. Tidak mungkin mendapatkan pengalaman bertahun-tahun tanpa memiliki fokus. Jadi, bila kalian ingin jadi gamer professional, kalian harus fokus dengan game kalian tanpa mempedulikan hal lainnya, dan ya, itu terdengar mengerikan.

4. Kesabaran


Roma tidak dibangun dalam satu hari, begitupun kemerdekaan Indonesia DAN skill gaming. Mungkin suatu saat kalian merasa tidak enak hati karena dibunuh beberapa kali oleh pemain lain, tapi kalian harus mencoba untuk menarik nafas, mendinginkan kepala dan ingatlah bahwa kemampuan kalian untuk bersabar bisa membawa kalian lebih jauh. Melatih kesabaran tidak hanya akan membantu kalian untuk mengkoordinasikan permainan kalian dengan mulus, tetapi juga akan membantu kalian mendapatkan pengetahuan yang lebih baik untuk memprediksi tindakan masa depan.

5. Latihan


Untuk mempelajari kemampuan atau keahlian baru dalah sebuah game, kalian harus mengikuti tiga langkah: Latihan! Latihan! Latihan! Menurut beberapa penelitian, kualitas latihan kalian sama pentingnya dengan kuantitasnya. Dan selalu ingat, performa ahli hanya bisa jadi mungkin dengan latihan tingkat tinggi. Jangan bergantung pada keahlian kawan-kawan kalian bila berkompetisi dalam kejuaraan apapun.

6. Dedikasi

Selain kerja sama dan latihan, dedikasi adalah skill lain yang harus dimiliki gamer professional. Bahkan bila kalian bukan gamer yang... bagus dalam bermain game, tapi bila kalian terus menerus berlatih untuk meraih predikat "Ahli" tanpa kehilangan harapan, itu merupakan tanda dedikasi kalian terhadap game. Berlatih memainkan game dan menyaksikan replay-nya berulang kali, untuk mengembangkan diri kalian membutuhkan dedikasi tingkat tinggi untuk menjadi professional sejati.

7. Professionalisme

Inilah hal paling penting yang harus dimiliki setiap gamer professional. Walaupun kawan-kawan satu tim kalian memiliki skill yang sangat hebat, sadarilah betapa pentingnya bagi kalian mengembangkan diri dan pastikan diri kalian bisa diandalkan.

Sekarang, kita tahu 7 skill yang dibutuhkan gamer pro, lalu apa yang harus dilakukan untuk melatih diri? Ada banyak cara. Mari kita lihat:

  1. Ketahui seluk beluk game (skill, map, senjata, item, (class?) dll)
  2. Berlatih dengan AI / Bots terlebih dahulu
  3. Bermain dan belajar bersama dengan tim kalian
  4. Tonton bagaimana professional lain bermain
  5. Lakukan apa yang paling kalian bisa
  6. Kalau bisa, belilah peralatan gaming (terutama komputer spec tinggi)
  7. Cari tips, tricks dan guide
  8. Belajar dari pengalaman bermain
  9. Atur setting game sebaik mungkin
  10. Berperilaku baik kepada semuanya


Dan ingatlah teman-teman, bahwa menjadi ahli dalam suatu bidang sama sekali tidak mudah, seperti yang saya katakan sebelumnya:
"Menjadi gamer professional sama sekali tidak mudah - menjadi professional dalam apapun tidaklah mudah. Keahlian dalam suatu hal tidak akan datang dalam semalaman, dibutuhkan banyak pengalaman dan kerja keras agar seseorang bisa jadi ahli dalam suatu bidang."
Yang masih meremehkan gamer seperti "menjadi gamer professional itu tidak ada kerjaan", pikirkan saja apa yang saya bilang tadi. Gamer professional sama saja seperti professional lain: membutuhkan dedikasi, kesabaran, kerja keras dll.

Pikirkan saja menulis cerita. Pada dasarnya, menulis adalah duduk tenang, merencanakan sesuatu, mengembangkan diri serta berlatih dengan baik dan rutin, sama seperti gaming. Menulis melatih kreatifitas, gaming melatih presisi dan konsentrasi (menulis melatih hal tersebut pada beberapa poin). Walaupun perbedaannya terlihat jelas, seperti:

  1. Menulis cerita (jika menggunakan komputer) membutuhkan setiap karakter, sedangkan gaming, pretty much hanya hotkeys, tombol gerakkan dan mouse.
  2. Menulis benar-benar dibutuhkan untuk menulis laporan dalam pekerjaan, sedangkan gaming, tidak juga.
  3. Bila kalian menulis cerita, maka orang-orang akan membeli dan menikmati karya kalian dan bisa mendapat uang karenanya, sedangkan gaming, kurang lebih hanya untuk kesenangan pribadi (kecuali kalau kalian seorang Let's Player). Sejenisnya seperti ini juga.


Jadi, tolong bagi semuanya untuk tidak meremehkan seorang professional, entah itu gaming atau menulis, karena keduanya membutuhkan kerja keras dan masih berpotensi menghasilkan uang. Keduanya juga memiliki efek positif bagi diri kita.

--And as always, have a nice day--

Sumber: Game Theorists, topyaps

1 comment:

  1. Otsu.my.id is a site for downloading applications, All games, and other software

    ReplyDelete