Tuesday 15 September 2015

8 Game Terbaik yang Bisa Didapatkan Gratis di Steam



Steam, layanan distribusi digital milik Valve, telah berjalan cukup jauh sejak dia diluncurkan secara resmi pada tahun 2004. Dulu, pemain mengeluh karena harus memasang layanan DRM yang aneh hanya untuk bermain Counter-Strike dan Half Life 2. Sekarang dia merupakan platform digital utama untuk penjualan game dan online play, dengan terhitung 75 persen game PC online di seluruh dunia.

Salah satu hal terbaik soal Steam adalah terdapat banyak game yang bisa kalian mainkan tanpa memberikan seratus rupiahpun - hanya dengan memiliki akun Steam, kalian bisa memainkan ratusan game berkualitas, yang banyak dari mereka adalah multiplayer. Ada beberapa dari mereka yang membiarkan kalian untuk membeli, misalnya, topi untuk karakter in-game kalian atau warna emas pada tulisan nama kalian, namun inilah 10 game di Steam yang tidak membutuhkan satu senpun untuk bisa dinikmati.

1. AdVenture Capitalist


Tidak banyak orang yang tahu kenapa game bergaya "clicker" bisa begitu populer. Mereka seperti bermain game yang terlucuti ke inti yang paling sederhana - lakukan sesuatu, buat angkanya besar. Dalam AdVenture Capitalist, gagasannya adalah mendapatkan uang - banyak uang. Kalian mulai dengan mendorong lemon untuk kios jus lemon kalian dan kemudian... jam dua pagi dan kalian sudah jadi juragan minyak. Artstyle-nya diturunkan dari gaya Monopoly, dan terdapat soundtrack gaya '50-an agar kalian bisa terus mengikuti petualangan moneter kalian. Kapitalisme itu menyenangkan, kan?

2. The Expendabros


The Expendabros menampilkan karakter-karakter langsung dari film... seperti yang kalian tebak, The Expendables, dengan masing-masing nama mereka digabungkan dengan "Bro". Game ini merupakan game action platformer yang menyuguhkan medan yang dapat dihancurkan, kemampuan unik pada setiap Expendabros dan ledakan. Banyak sekali ledakan.

Ini bagian yang khusus - "nyawa" kalian sebenarnya adalah Bro lain yang kalian selamatkan sepanjang setiap level. Kalian mati bila ditembak sekali, namun saat itu terjadi, Bro lain yang kalian selamatkan mengambil alih. Hal tersebut ditentukan secara acak, jadi kalian harus membiasakan diri dengan special abilities dan gaya bermain tertentu pada setiap Bro.

3. Unturned


Bila DayZ dan Dead Island terlalu berat untuk kalian - entah di kantong atau di PC - dan Minecraft sudah terasa kuno, game inilah pelarian kalian selanjutnya. Dikembangkan oleh Nelson Sexton saat umurnya masih menginjak 16 tahun, Unturned merupakan game dimana kalian bermain sebagai orang yang selamat dari serangan zombie dan mencoba untuk bertahan hidup. Kalian bisa mencari barang di beberapa tempat di map yang luas, membuat markas bahkan benteng. Lebih bagus lagi, kalian bisa bermain singleplayerPvP atau PvE, dan gaya bermain tergantung dari apakah kalian suka bergabung dengan orang lain untuk membentuk satu clan, menghabisi pemain lain lalu mencuri perlengkapan mereka atau bermain sendiri, Kirito style.

Game ini menggunakan artstyle yang lucu untuk game sejenisnya. Zombie yang terlihat seperti Adudu, wajah avatar pemain yang bisa dipilih dari variasi yang menggelikan dan grafik yang imut namun mencekam. Ini merupakan game yang secara pribadi, benar-benar saya sarankan.

4. Dirty Bomb


Memang, Team Fortress 2 sudah ada sejak zaman Majapahit, namun kita sudah pasti memasuki zaman Class-Based Shooter Games. Kita akan mengalir bersama mereka, bahkan kita sudah punya sedikit reetakan di Evolve, Blizzard akan membawa Overwatch yang akan datang dan Cliff Blezinky's Boss Key Games baru-baru ini mengungkap soal Lawbreakers. Kemudian ada game Black Squad yang sedang populer di negara ini.

Sekarang ini, kalian bisa bermain Dirty Bomb secara gratis dalam versi open beta. Game ini mendorong elemen dari TF2 dan game shooter dengan lebih banyak tema militer seperti Battlefield, pada genre shooter berbasis tim, terfokus pada objektif tersebut.

5. Robocraft


Kalian mungkin memainkan banyak game vehicle shooter - yang contoh lainnya akan saya masukkan selanjutnya, jadi kalian pasti tertarik dengan game yang sama, namun kalian bisa membangun kendaraan kalian sendiri. Di Robocraft, kalian bisa melakukannya, dan menjadi kreatif dengannya.

Dalam sesi permainan PvP, kalian berada di planet asing melawan kendaraan yang pemain lain buat, entah kendaraan darat ataupun pesawat. Selama kalian berjalan melewati permainan, kalian bisa mendapatkan uang untuk membuat kendaraan kalian lebih besar, lebih kuat, lebih fancy dan badass looking. Lagipula, bukankah menghancurkan kreatifitas orang lain sambil mengembangkan kreatifitas kalian sendiri merupakan hal menyenangkan? Ya, itu terdengar buruk, tapi kalian tidak akan peduli jika memainkan game ini.

6. War Thunder


Beberapa dari kita telah mengetahui, selama kita menua, relfeks kita semakin payah untuk bermain game shooter online. Sejujurnya, itu termasuk saya sendiri, blogger malang kalian yang hanya manusia biasa. Itulah kenapa kita mendapat kenikmatan dalam MMO simulasi pertarungan tank yang menghargai pengambilan posisi yang hati-hati, kehati-hatian musuh dan eksploitasi lahan dengan memberi kalian lima menit sebelum meledakkan kalian menjadi bingkah-bingkah besi yang membara.

War Thunder merupakan salah satunya dan merupakan salah satu game terbaik di Steam, dan bukannya hanya fokus pada satu kelas kendaraan, kalian bisa memilih antara kendaraan darat, air dan udara yang ada pada masa Perang Dunia II dan Perang Korea. Game tersebut menyeimbangkan antara arcade dan military training sim, memaksa kalian untuk mempelajari tank, dogfighting, dan taktik angkatan laut sungguhan tanpa sungguh-sungguh membelok ke wilayah dimana hal tersebut tidak asyik lagi.

Tidak, ini sama sekali tidak sama dengan Kantai Collection. Walaupun cukup dekat dengan Girls Und Panzer, pretty much.

7. Team Fortress 2


Game ini tidak membutuhkan perkenalan lagi. Team Fortress sudah ada sekitar tahun 1996 dalam bentuk mod multiplayer untuk Quake yang akhirnya terbungkus, diport dan dan dijual oleh Valve dan Sierra pada tahun 1999. Sekarang Team Fortress 2 merupakan salah satu dari shooter paling dicintai dan berumur panjang yang pernah dibuat.

Dengan semua kelas dan mode game yang bisa dipilih, sulit juga menjelaskan Team Fortress 2 secara ringkas. Game ini merupakan game first person shooter berbasis tim dengan target bervariasi tergantung mode mana yang kalian mainkan. Kalian bisa bermain ofensif, defensif atau supportif, dengan setiap karakter dilengkapi special abilities dan senjata khusus. Terdapat banyak sekali game di Team Fortress 2 hingga kalian tidak mau bermain game lain - yang paling tidak begitulah kebanyakan pemain memperlakukannya.

Dan terdapat kebudayan juga dalam TF2. Memang gratis, tapi para pemain harus mulai lelah untuk membeli pakaian baru untuk karakter favorit mereka. Topi, secara spesifik. Juga dengan Source Filmmaker (yang juga gratis) sekarang mereka membuat film berbasis topi.

8. Dota 2


Game ini merupakan sequel dari "MOBA" pertamanya, dan walaupun saya lebih menyukai League of Legends yang juga memiliki pengikut paling banyak di seluruh dunia, game inilah yang bisa kalian dapatkan di Steam.

Terdapat masalah: Ada (banyak?) yang komplain bahwa pola belajar Dota 2 hampir bagaikan tebing yang vertikal untuk dipanjat, dan anak-anak baru harus menggunakan catatan agar bisa mengingat bagaimana cara membangun karakter dan peralatan mana yang harus dibeli untuk karater mereka saat memulai. Dan komunitas pemainnya terkenal berada pada sisi yang sedikit berduri dan gatal, kalau boleh dibilang.

Namun jika kalian berniat melewati halangan-halangan tersebut, Dota 2 merupakan fenomena yang terkenal di seluruh dunia yang menginspirasi kesetian yang hampir bersifat memuja. Fakta bahwa kalian bergabung dalam tim dalam pertarungan 5v5 membuat setiap permainan menjadi pengalaman yang menegangkan, dan banyak rasa asin yang kalian temukan pada pemain Dota datang dari fakta bahwa pada desain, kalian harus bergantung pada teman satu tim agar bisa menang. Dan saat kemenangan datang, itu semua sangat memuaskan.

Dota 2 juga membanggakan salah satu model bisnis paling adil dan rendah hati dalam industrinya - kalian akan memenangkan "chests" untuk dibuka yang membutuhkan sedikit pengeluaran untuk dibuka, namun penting untuk diingat bahwa hal-hal tersebut secara keseluruhan tidak berguna untuk gamenya sendiri. Dari saat kalian meng-install gamenya, kalian punya akses untuk setiap hero dan setiap item yang benar-benar bisa kalian gunakan saat bermain.

...Dan Surprisingly, Masih Banyak Lagi.

Kelompok game yang saya tulis di atas bagus (paling tidak menurut kebanyakan orang), namun bukan berarti itu semuanya. Saya juga menyarankan game yang saya tulis di bawah ini untuk dimainkan:
  1. Clicker Heroes
  2. Cry of Fear
  3. Elsword
  4. Heroes and Generals
  5. Neverwinter
  6. Warframe
  7. Nosgoth
Semoga postingan ini membantu kalian menambah daftar game kalian, dan mungkin berhenti membajak game berbayar karena ada banyak yang bagus dan gratis. Bagikanlah post ini jika kalian ingin mendukung anti perbajakan dan/atau membantu teman kalian yang sedang mencari game bagus tanpa mengeluarkan uang.

--And as always, have a nice day--

2 comments:

  1. Game nya seru semua,,,tapi ada game yang lebih seru nih namanya MOJOPAHIT LEGENDS... game yang seru banget ini cocok buat ngisi waktu luang kamu di saat libur sekolah atau kerja.
    Game nya buat kita greget karena begitu seru dan asyiik buat dimainin apalagi kini aplikasi MOJOPAHIT LEGENDS sudah ada di Google Play Store,tinggal download dan install sekarang.
    Jangan lupa download dan install aplikasi game terbaik namanya MOJOPAHIT LEGENDS...
    Enjoy guys buat mainin game terbaik di Handphone kamu...

    ReplyDelete