Tuesday 5 January 2016

Menulis Artikel SCP (Containment dan Humanoid)

Containment

Hal paling pertama yang harus kalian ketahui saat menulis suatu artikel adalah kalau moto dari Yayasan SCP adalah Secure, Contain, dan Protect (Mengamankan, Menyimpan, dan Melindungi). Bukan Destroy, Destroy, Destroy (atau jelas kita akan disebut DDD atau D3 Foundation). Sedikit sekali artikel SCP dapat lolos dengan secara sengaja menyebutkan penghancuran suatu objek.

Penyimpanan suatu objek harus jelas dan logis. Tidak boleh ada sumber daya hiasan dan tidak relevan; setiap SCP harus disediakan dengan apa yang dia butuhkan, tidak lebih, tidak kurang. Itu berarti bila penyimpanan SCP kalian tidak bergantung pada suatu hal dalam containment procedures (prosedur penyimpanan), maka hal tersebut tidak semestinya ada disana. Contoh bagus adalah dimensi dari sel/loker/koper/cawat dimana SCP kalian disimpan. Apakah penting bila ruangannya 1.31 cm diluar perincian? Bila tidak, jangan dituliskan. Bila memang penting; kalian harus meyakinkan kami akan hal itu.

Juga, jangan masukkan hal bersifat self-explanatory pada containment procedures kalian. Bila artikel kalian berkaitan dengan makhluk hidup, kalian dapat mengnggap dia diberi makan. Hal tersebut tidak perlu dituliskan dalam containment procedures kecuali kebutuhan makannya khusus. Sebagai tambahan, ingatlah bahwa Yayasan itu dingin, tidak jahat; ya, kita dapat menaruh saudara sesama manusia dengan sifat anomali dalam ruangan beton kosong tanpa jendela, namun itu dapat memberikan kami SCP yang depresi. Untuk alasan tersebutlah, kalian dapat menganggap mereka mendapatkan fasilitas dasar, dan bahwa mereka mendapat kesenggangan, bahkan bila hal tersebut berada dalam kurungan sel mereka. Bila mereka membutuhkan sesuatu yang khusus, kalian dapat menuliskannya dalam containment procedures.

Secara keseluruhan, penyimpanan harus diseimbangkan antara secara logis dan dengan sukses menyimpan suatu objek dengan teknologi yang ada dan beralasan dalam tuntutan kebutuhan. Sebagian SCP tidak membutuhkan nuklir dalam situs untuk menyimpan mereka.

Kelas Objek

Setiap SCP harus ditentukan Kelas Objeknya berdasarkan kesulitan penyimpanan mereka secara keseluruhan. Dasarnya, tiga kelas objek utama mengikuti panduan-panduan berikut:

  • SCP kelas Safe mudah untuk disimpan. Bagaimanapun juga, Safe bukan secara otomatis berarti tidak berbahaya. Namun, itu berarti kita dapat mengunci mereka dan tidak perlu khawatir soal mereka. Objek dengan kelas Safe datang dalam bentuk apapun, dan termasuk The Skin Wyrm, the Endless Garage dan the Brahmastra.
  • SCP kelas Euclid membutuhkan prosedur penyimpanan yang lumayan spesifik, namun bila diikuti, SCP tersebut mudah untuk disimpan. Sebagian besar humanoid dan binatang sapien/sentien mungkin harus diberi kelas Euclid karena memiliki keinginan bebas. SCP kelas Euclid adalah beberapa dari yang paling banyak dalam situs SCP wiki; dalam kelas tersebut termasuk SCP pertama, SCP-173, the Nexus of Abandoned Places, dan Demisers.
  • SCP kelas Keter membutuhkan prosedur penyimpanan yang benar-benar sangat spesifik, dan sulit untuk disimpan secara efektif hingga mereka membutuhkan pengurusan tingkat tinggi dan bahan-bahan untuk ditabung. Bila kalian menguncinya dalam sebuah kotak, dan terdapat kemungkinan dia membongkar keluar lewat tutupnya kecuali kalian mengikuti prosedur penyimpanan yang ketat, itulah Keter. SCP kelas Keter harus menonjol daripada atrkel-artkel lainnya dan menjadi ancaman yang unik. Dalam kelas ini termasuk Shadow Person, An Incomplete Chronicle, dan The Maybe There Monsters.
  • SCP kelas Tahumiel dapat dan dalam beberpa kasus benar-benar digunakan oleh Yayasan untuk menyimpan dan/atau melawan SCP lain, biasanya yang Keter. Kelas ini jarang dipakai dan untuk alasan yang bagus, karena sangat sulit untuk menulis satu yang sukses. Dalam kelas ini termasuk Deus Ex Machina, Sauelsuesor, dan Preferred Option.
Ada juga beberapa klasifikasi sekunder, seperti Neutralized dan Explained. Kalian dapat membaca lebih banyak disini.

Artikel-artikel tertentu menggunakan kelas-kelas lain dan lebih spesifik pada penulis; memang, tidak ada aturan yang menyatakan kalian tidak bisa menggunakan kelas objek berbeda. Namun, sistem S/E/K untuk klasifikasi berada dalam canon kebanyakan kepala orang; menggunakan sistem atau kelas lain dapat memberi kalian downvote, jadi tanggung sendiri akbatnya.

Menulis SCP Humanoid

Objek SCP humaoid bisa jadi beberapa dari artikel-artikel yang sulit ditulis yang ditulis. Kenapa, kalian tanya?

Karena banyak alasan. Alasan yang paling sering dijumpai adalah sesuatu yang kami beri istilah "X-Man Syndrome". Itu adalah, membuat humanoid dengan "kekuatan", bukannya sebuah anomali dengan cerita. Bagaimanapun juga, tidak ada cara nyata untuk mengatakan bahwa seorang SCP humanoid akan jadi X-Man, atau bila mereka akan cocok dalam situs SCP; seperti yang disebutkan sebelumnya, tidak ada yang namanya ide buruk, hanya eksekusi yang buruk.

Di bawah sini adalah daftar pendek soal hal-hal yang harus diingat saat kalian menuliskan artikel SCP humanoid:

  • Jangan tuliskan prosedur penyimpanannya untuk pada dasarnya bagaikan "Berikan Apa yang Dia Mau". Yayasan bukan hotel, Yayasan adalah penjara.
  • Jangan tuliskan banyak sekali detil mengenai tampang humanoid atau selera pribadi. Inilah cara yang paling mudah untuk membuat mereka lebih terlihat seperti karakter buku komik, dan kurang seperti SCP.
  • Hindarilah penggunaan kata ganti pribadi; sebutkanlah SCP tersebut dengan 'it'. Sementara beberapa humanoid disebutkan satu atau dua kali sebagai laki-laki atau perempuan dalam artikel mereka, biasanya ada alasan bagus untuk hal tersebut.
  • Jangan buat seakan-akan setiap orang secara otomatis mencintai SCP kalian in-universe. Kecuali hal tersebut merupakan hasil dari suatu efek, biasanya tidak ada alasan sungguhan bagi personil untuk menyuarakan perasaan positif terhadap seuatu objek.
  • Dengan itu, jangan buat Yayasan jahat. Seperti yang dituliskan sebelumnya, Yayasan itu dingin, tidak jahat.
  • Reality-bender, pengguna sihir, atau orang dengan superpower sangat sulit untuk sungguh-sungguh dieksekusi dengan baik dan benar. Sementara beberapa telah berhasil didorong, biasanya membutuhkan penulis yang berpengalaman untuk melakukannya dengan cukup baik agar tidak dive-bomb ke dalam rating negatif. Contoh-contoh dari SCP yang diterima dengan baik dari tipe-tipe tersebut antara lain adalah An Abandoned Project, Liquid Life/Totenkinder, dan The Rocket Surgeon.
  • Bila humanoid kalian memiliki lebih dari satu efek atau ciri anomali, pastikan mereka masuk akaln dan dapat beriringan.
Ingat, walaupun mereka humanoid, mereka masih objek SCP di mata Yayasan.

Next (Gaya Menulis dan Cross-links) (Coming Soon) -->

No comments:

Post a Comment