Sunday 3 January 2016

Menulis Artikel SCP (Mengembangkan Ide)

Jadi Kalian Ingin Menulis Sebuah SCP?

Kalian sedang membaca How to Write an SCP 2.0 versi Bahasa Indonesia. Bila kalian membaca tulisan ini, mungkin kalian merupakan anggota dari SCP Foundation dan ingin mencoba untuk menulis satu artikel. Halaman ini akan mencoba memberi kalian petunjuk menuju jalan yang benar saat sudah memulai. Baca dengan hati-hati, jangan membaca sepintas lalu. Setelah kalian selesai, baca lagi, karena kalian manusia (apa saya benar?) dan kalian akan melewatkan sesuatu.

Sebelum Kalian Mulai: Hal yang Harus Diperhatikan

Secara umum, seluruh artikel SCP yang sukses memiliki sebagian besar atau semua komponen-komponen tersebut:
  • Gagasan yang menarik.
  • Prosedur penyimpanan yang beralasan.
  • Deskripsi yang jelas.
Hal-hal tersebut penting untuk SCP yang bagus. Suatu SCP harus segera menarik pembaca masuk; mereka tidak bisa dikacaukan di bawah banyak sekali eksposisi. Cobalah mendapatkan gagasan jelas untuk apa yang SCP kalian lakukan sebelum kalian mulai menulis.

Banyak artikel SCP pertama setiap penulis mengalami kegagalan yang menyakitkan untuk satu dan berbagai alasan, terutama disebabkan oleh kurangnya pengalaman dari sang penulis.

Itu bukan alasan untuk tidak mencoba
Itu bukan suatu kutukan yang ditimpakan pada semua member baru
Itu bukanlah hanya kebenaran dari kehidupan atau kebenaran universal

Itu adalah sebuah tantangan

Beberapa SCP pertama berhasil dengan cara menyenangkan, karena penulis mereka mendapat pengertian langsung soal apa yang ditulis dan bagaimana untuk menulis (yang juga langka) atau mereka memanfaatkan waktu mereka untuk mendapatkan hubungan mereka dan mempelajari tata ruangnya. Untuk membantu kalian menghindari SCP pertama gagal yang ditakuti itu, sering-seringlah meminta umpan balik di bagian Draft & Critiques forum atau IRC rooms kami. Umpan balik tersebut harus dimasukan ke dalam hati, meskipun umpan balik tersebut tajam dan runcing. Bila kalian merasa seseorang meninggalkan umpan balik yang menyinggung, kalian selalu bisa menghubungi seorang member atau staf. Bila sudah kelewatan batas, kami akan ambil tindakan.

Laman dengan rating rendah akan selalu dihapus dari situs SCP saat mereka diberi rating -9 atau kurang dan telah berada di dalam wiki selama 24 jam (Lihat Deletion Guide untuk info lebih lanjut), jadi jangan merasa terlalu rendah bila tulisan kalian dihapus. Bila SCP pertama kalian ternyata memang gagal, cobalah belajar dari pengalaman itu. Lihatlah bila gagasan tersebut bisa diselamatkan, temukan mana yang berfungsi dan mana yang tidak dalam hal penulisan. Kadang kemampuan kalian sebagai penulis tidak seimbang dengan level gagasan kalian, dan terus mengikuti yang lama untuk ditulis ulang merupakan taktik yang bagus. Kalian selalu bisa menyimpan mereka dalam kotak pasir kalian. Bila akhirnya kalian menemukan bahwa kalian punya masalah dengan gaya klinis yang dibutuhkan, namun kalian memiliki pemahaman bagus soal dunia Yayasan dan juga subjek dan tema yang dijelajahinya, kalian masih bisa mencoba untuk menulis tales. Tales tidak jauh berbeda dengan artikel SCP.

Juga, tolong dicatat bahwa memposting SCP tingkat sampah untuk 'membuang kesialan' tidak melakukan apapun kecuali mengacaukan situs tersebut dengan sampah. Saat menulis SCP pertama kalian, lakukan yang terbaik, karena itu merupakan bagian dari standar dimana pekerjaan kalian di masa depan akan dinilai. Bercandalah di chat. Taruh pengerjaan sungguhan di situs. Itu akan membuat orang-orang berpikiran lebih baik terhadap kalian, itu membantu untuk meningkatkan situs, dan memberi contoh pada newbie lainnya.

Benar saja, saran terbaik yang setiap dari kami bisa berikan adalah untuk bersabar. Duduklah dan mengintai; kami punya segala jenis artikel. Luangkanlah sedikit waktu untuk memahami soal bagaimana situs tersebut bekerja. Lihatlah mana yang baik dan buruk, mana yang memiliki rating tinggi dan mana yang di-downvote. Pelajarilah hal macam apa yang orang-orang cari di dalam artikel; kalian akan lebih siap untuk sukses dalam penulisan kalian.

Mendapatkan Ide

Ide merupakan jiwa dari cerita kalian. Entah menyangkut suatu tale atau suatu SCP, gagasan bagus akan membawa kalian jauh sekali dan membantu kalian untuk sukses. Inilah sedikit tips untuk menyulap konsep-konsep brilian tersebut untuk artikel kalian:


  • Bila kalian ingin menulis artikel yang seram, pikirkan apa yang membuat kalian takut. Situs SCP memiliki akar dalam Internet horror, dan kami mencoba untuk menyimpan tradisi tersebut. Lebih aneh rasa takutnya lebih baik lagi; banyak teror dan phobia biasa telah digunakan, dan kami cinta kreatifitas.
  • Bila kalian ingin menulis artikel aneh, berpikirlah 'out of the box'. Lebih aneh dan lebih original artikel kalian, lebih baik lagi artikel tersebut berdiri di keramaian.
  • Bila tidak ada dari yang diatas berlaku, cobalah cari emosi atau reaksi lain yang ingin kalian bangkitkan dari para pembaca. Mungkin kalian ingin pembaca merasa sedih, atau terhibur, atau penasaran, jadi carilah cara untuk menggapainya.
  • Cobalah mencari foto yang menarik. Internet merupakan tempat yang sangat, sangat aneh, dan terdapat ribuan foto-foto aneh atau seram yang bisa kalian gunakan sebagai bibit dari ide. Sesuatu yang tidak biasa, untuk menarik perhatian pengunjung yang menginspirasi imajinasi kalian. Pastikan saja foto kalian mengikuti Image Use Policy situs SCP wiki.
  • Lihatlah SCP fuel pages kami. Kalian dapat menemukannya dengan memeriksan Visual Records Wiki, dijalankan oleh Roget. Kami punya banyak sekali materi disana. Setiap orang dapat melihat situs tersebut, namun bila kalian ingin berkontribusi maka kalian harus ikut. Untuk melakukannya, PM Roget untuk passwordnya.
  • Bila kalian SUDAH mendapat ide menarik, lihatlah daftar SCP yang serupa. Kalian juga harus bertanya di forum atau di chat; orang lain mungkin mengenal artikel yang kalian lewatkan. Kami punya lebih dari 1000 SCP, terdapat kesempatan yang cukup besar adanya artikel yang serupa dengan ide kalian mengambang di suatu tempat. Bila kalian menemukan artikel dengan ide yang sama dengan milik kalian, lihat jika kalian dapat menaruh novel spin pada artikel kalian untuk menyisihkannya.
  • Tunjukan kepada orang lain: Seringkali, kalian mungkin menemukan ide yang menurut kalian keren, dan ingin menuliskannya secepat mungkin. Sebelum kalian kirimkan, kalian selalu harus membuat laman sandbox dan menunjukannya di forum Drafts & Critiques atau kirim ide kalian untuk sebuah artikel di forum Ideas & Brainstorming. Kalian juga dapat melakukannya lewat IRC chat kami. Catat bahwa orang-orang tidak akan secara ajaib menemukan jalan mereka menuju sandbox kalian untuk memberi umpan balik, kalian benar-benar harus memintanya di tempat-tempat yang disebutkan di atas.
  • Jangan paksakan suatu ide. Mencoba untuk memaksakan suatu ide yang terasa tidak lengkap biasanya berakhir dengan artikel atau cerita yang mengecewakan. Bila kalian menemukan kendala dalam suatu bagian, cobalah untuk meminta pendapat member lain dalam chat, atau buat thread dalam forum.

Tips Umum

Ini adalah beberapa tips umum untuk memandu kalian dalam menulis SCP kalian.

  • Bertindaklah seakan-akan setiap SCP akan jadi yang pertama kali akan dibaca seseorang. Itu berarti jangan menaruh terlalu banyak hal-hal yang membutuhkan pengetahua dalam hal lain dalam situs SCP. Tentu kalian bebas untuk memberi tautan (link) ke artikel lain dalam situs, namun resiko diambil sendiri. Terlalu banyak dan orang-orang akan paham apa yang terjadi bila mereka belum membaca materi lainnya.
  • Lebih sedikit lebih banyak. Sementara beberapa artikel berhasil menarik log pejelajahan, log penemuan, dan log eksperimen dengan panjang lebih dari satu halaman, mayoritas SCP sebaiknya cerita fiksi yang ringkas dan mudah dicerna. Jangan mulai menulis dengan asumsi bahwa SCP kalian membutuhkan banyak sekali penjelasan, log, dan addenda; masukkan mereka bila mereka meningkatkan nilai artikel tersebut, dan tinggalkan mereka bila tidak menambahkan apapun.
  • Dapatkan ide jelas dari konsep inti kalian sebelum mulai menulis. Hal ini akan membantu kalia mempersempit detil yang kalian masukkan, dan mana yang ditinggalkan. Meninggalkan detil yang tepat dapat menambah misteri pada artikel yang kalian masukan, dan membiarkan para pembaca berpikir soal mengapa, atau bagaimana, objek tersebut bekerja.
  • Berbahaya tidak selalu sama dengan menarik. Suatu item yang memiliki kemampuan untuk mencairkan tulang dengan cepat dalam radius 100 mil adalah hal berbahaya, ya, tapi kecuali kalian dapat menuliskannya dengan cara menarik, orang-orang tidak akan menyukainya.
  • Carilah umpan apapun. Umpan adalah sesuatu yang segera membuat pembaca tertarik. SCP yang hanya sekedar hal anomali yang melakukan hal-hal anomali jarang sekali berhasil. Apalah hal itu sangat bergantung pada diri kalian sendiri, namun pastikan bahwa hal tersebut efektif dan memastikannya sedini yang kalian bisa dalam artikel. Bila kalian meninggalkannya hingga akhir, hal tersebut bukan benar-benar umpan, dan kemungkinan orang-orang bahkan tidak akan tertarik sebelum mereka selesai membaca.
  • Terimalah kritik yang kalian dapat. Tidak ada yang punya kewajiban untuk memberi kalian umpan balik setelah kalian mengirim ke wiki utama, dan mereka tidak perlu menarik pukulan mereka. Bila kalian sungguh-sungguh berpikir bahwa kalian diperlakukan tidak adil, hubungi moderator. JANGAN ikut serta dalam pertarungan berteriak yang sedang berjalan dengan seseorang yang kalian pikir kasar atau kejam. Terimalah saran mereka sebagai pertimbangan, walaupun ringkas dan kasar.
  • Gore untuk gore merupakan hal bodoh. Bila dalam artikel kalian tidak ada apa-apa selain isi perut (secara harfiah) dilemparkan kepada pembaca, atau bila artikel kalian bergantung pada gambar yang mengandung gore namun tidak menyediakan apapun untuk menyediakan konteks padanya, artikel itu akan gagal. Gore baik-baik saja, namun harus didukung dengan konten sungguhan.
  • Jangan takut meminta pertolongan. Selalu ada banyak dari kami di chat room dan di forum yang lebih dari senang untuk memberi bantuan atau percobaan membaca.

No comments:

Post a Comment