Saturday 9 April 2016

Perkenalan Grup Roleplay Indonesia (G.H.O.S.T.)

Saya sudah lama sekali tidak mengirim artikel kemari. Saya ingat bahwa hal yang menaikkan blog ini adalah teori Five Nights at Freddy's. Gamenya sudah berakhir sekarang. Saya sedikit tersesat, namun saya sadar, mungkin ada cara untuk tetap mengembangkan blog ini. Sekarang saya memiliki rubrik baru untuk blog ini, yaitu Perkenalan Grup Roleplay Lokal (PGRI).

Pada PGRI kali ini, saya akan bahas grup G.H.O.S.T. Grup G.H.O.S.T. atau Ghost Highschool of Scary Tales adalah sebuah grup roleplay Facebook dengan tema dan suasana horror. Menceritakan kisah murid-murid di sekolah bernama Ghost, dimana banyak hal-hal aneh terjadi dan para murid harus bisa memecahkan misteri yang ada.

Grup ini sebelumnya berbentuk laman Facebook hingga suatu saat di tahun 2014. Kini, G.H.O.S.T. dalam bentuk grup Facebook tertutup.

Tentang Roleplay

Welcome To Ghost Highschool
dibuka pada : 18-06-2014
sekolah ini berdiri dari bekas penjara ratusan tahun yg lalu dan menyimpan banyak misteri tentang hilang dan matinya para nara pidana disini...ada kabar yg mngatakan mereka dibantai oleh sipir penjara dan ada juga yg mengatakan mreka melarikan diri dan bersembunyi disuatu tempat..
Misi:
-Tugas kalian sebagai murid adalah memecahkan misteri dan mengusir hantu dengan syarat msih bernyawa
-kalian juga harus belajar dan mngumpulkan uang untuk keperluan masing-masing
-uang didapat dari hasil mengikutistory/event/misi tertentu
-jika kalian lulus kalian akn bisa mmlai hidup di kota/ghost town dgn mminta ikut ujian kpda kepala sekolah
-jika klian melanggar peraturan seperti meminum minuman alkohol/merokok/berbuat'mesum' atau pergi dr asrama tanpa ijin pada malam hari maka sanksi akan diberikan tnpa mmndangv bulu
Asrama terbagi menjadi 2 :
Asce (Asrama Cewe)Asco (Asrama Cowo)
- Ras di dapat dari Adventure yang diadakan oleh kepala sekolah
- Kiriman sambutan grup G.H.O.S.T. 

Latar

Awalnya karakter yang baru didaftarkan akan tinggal di Ghost Highschool. Di sekolah tersebut, sang karakter hrus belajar mencari uang, lalu bisa beli senjata di Gray Market dan membeli pet (peliharaan). Setelah mereka lulus, mereka akan bisa tinggal di Ghost Town.

Bagaimanapun, jika terdapat sebuah event (bisa berupa eksplorasi atau insiden) para murid bisa pergi ke mana saja. Ke gurun di dimensi lain, ke dunia mimpi, ke danau penuh monster, ke dunia fantasi, bahkan ke luar angkasa.

Peraturan dan Regulasi

  • -NO YADONG
  • -NO YADONG
  • -NO YADONG
  • -NO RUSUH
  • -NO RUSUH
  • -NO RUSUH
  • -NO OOC/OOT
  • -NO OOC /OOT
  • -NO SOMPLAK
  • -NO SOMPLAK
  • -NO SOMPLAK
  • -NO COUPLE
  • -NO COUPLE
  • -NO ROMANCE
  • -NO COUPLE
  • -SALING MENGHORMATI
  • -FAIR DAN SPORRIF
  • -TG ATAU TIDAK ITU TERSERAH KARENA INI HANYA UTK PERMAINAN DAN BUKAN BIRO JODOH
Terjemahan dari Aturan di Atas

  • No peverted stuff - Grup ini tidak akan senang jika kalian mengirim, entah tulisan, gambar, video atau hal-hal lain berbau mesum. GHOST menginginkan roleplay yang sehat tanpa pengotor pikiran semacam itu. Hal paling baik yang akan terjadi pada kalian adalah diberi teguran atau mungkin skorsing, dan hal terburuk yang akan terjadi adalah kalian langsung dilaporkan ke pihak Facebook, dan bye-bye to your account.
  • Stay peaceful - Tetaplah saling damai satu sama lain. Jangan menyakiti karakter lain bila tidak pada tempatnya. Ya, ada tempat untuk PvP, bertarung dan sejenisnya di roleplay ini, tapi PvP harus dilaksanakan pada tempatnya.
  • No meta-game - Biarkan diskusi in-characer pada in-character dan jangan mencampuradukan drama IC dan OOC. Jangan biarkan apapun yang dikatakan pada kalian diluar karakter mempengaruhi bagaimana karakter kalian bertindak. Sementara GM tidak bisa jadi polisi pikiran, meta-gaming menyigkirkan seluruh pengalaman roleplaying. Gunakan akal kalian sebagai pemain untuk menentukan apa yang boleh dan tidak boleh kalian bicarakan secara OOC dengan pemain lain.
  • Characteristic Error - Seorang karakter mengatakan atau melakukan sesuatu yang tidak akan dia lakukan. Hal ini harus tertangkap secepatnya - cukup sulit untuk membenarkan sebuah retcon tanpa menghapus (meng-undo) dialog dengan jumlah yang signifikan.
  • Tidak ada pacaran, couple dan sejenisnya - Kalian dengar kata GM.
  • Saling menghormati - Self explanatory
  • Fair dan Sportive - Self explanatory

Mekanisme

Grup roleplay ini memiliki sistem currency, berupa 'coin/credit'. Kalian bisa mendapatkannya dengan absen, mengikuti ujian, memecahkan teka-teki atau mengikuti event. Kalian bisa menggunakan coin/credit kalian untuk - utamanya - membeli senjata dan pelihataan (pet) yang akan membantu kalian dalam beberapa kesempatan. Atau kalau kalian mau membeli sesuatu yang doesn't matter much but just for a trivial plot, kalian bisa beli cupcake, pudig, topeng dan sejenisnya.

Seperti yang saya bilang juga: seperti sekolah pada umumnya terdapat absensi pada roleplay ini. Setiap hari, pagi, siang dan malam dilakukan absensi, walaupun saya tidak berani jamin bahwa mereka akan melakukannya secara rutin.

Addendum

Wawancara dengan seorang member senior G.H.O.S.T.

Pewawancara: Agent Carlton / Carlton Serian

Narasumber: [DISUNTING]

Saya mengambil waktu untuk mewawancarai seorang member yang sudah bergabung sejak empat tahun yang lalu. Nama narasumber ditujukkan sebagai [DISUNTING].

Carlton: 1st question: Dari mana anda mengetahui grup RP ini?

[DISUNTING]: Kalau ditanya darimananya..itu dari temen..[DISUNTING] pernah liat temen [DISUNTING] main rp dan dia ngajak [DISUNTING] nge-rp. Dulunya rp bbm sama twitter

Carlton: Apa temen juga yg ngenalin grup RP GHOST ini? Apa teman anda memperkenalkan grup lain?

[DISUNTING]: Ndak. [DISUNTING] gak sengaja liat Ghost waktu masih di Fp..
ndak..walau dia yg ngenalin rp, semua grup rp yang [DISUNTING] mainin itu [DISUNTING] cari sendiri..dan skrg [DISUNTING] hanya aktif di Ghost

Carlton: Dari enam grup RP lokal yang saya ikuti, GHOST adalah yang paling aktif. Kira-kira apa yang membuat GHOST bisa seperti demikian? Atau apa yang membuat grup lain seperti demikian?

[DISUNTING]: Kalau masalah aktifnya. Itu karena Ghost selalu nganggap satu sama lain sebagai keluarga..penuh kehangatan dn kebersamaan. Kalo yang udah lama di Ghost pasti ngerti. [DISUNTING] aja berkali kali mau out tpi gk bisa..krn rasanya udh terikat banget sama Ghost. Memang gk bisa dipungkiri Ghost itu aturannya agak ketat dn punya banyak musuh. Tapi itu juga poin knp suasana kekeluargaan di Ghost makin terasa menurut [DISUNTING]. Dan lagi, saat ini Ghost belum aktif. Bisa dibilang jauh banget dari Ghost yg dulu yg sangat ramai. Dn mmg sekarang ini krn semua sibuk, aturan di Ghost agak sedikit longgar. Apalagi Master lagi Hiatus di Ghost.
Ghost juga sering buat event event, baik yg dibuat oleh Staff maupun Osis. Itu salah satu poin knp Ghost itu aktif, menurut [DISUNTING]. Untuk grup lain sih sepertinya juga sama

Carlton: Jadi, anda roleplay di BB dan twitter juga. Bagaimana dengan roleplay XCOM (atau yg kami kenal dengan, roleplay YouTube)?

[DISUNTING]: [DISUNTING] ndak pernah kalo itu [DISUNTING] sekarang hanya aktif di Fb dan Ghost..selebihnya tidak lagi

Carlton: Apa [DISUNTING] pernah mengenal satu grup roleplay luar negeri?

[DISUNTING]: Tidak.

Carlton: Berapa lama anda gabung di grup ini hingga bisa terikat dengan member lain?

[DISUNTING]: Sekitar 3 tahun..sebenarnya lebih dari 4 th tpi saat itu tak terlalu aktif

Carlton: Oh, wow. Itu lama

[DISUNTING]: Masih ada yg lebih lama kok..

Carlton: Next question: Menurut pengalaman anda di grup, apa grup ini pernah 'kolaborasi' dengan grup RP lain?

[DISUNTING]: Tidak..sepertinya belum pernah..

Carlton: Oke. Lalu, menurut pengalaman anda, apa ada seseorang yang membuat cerpen/cerbung/tales berdasarkan RP ini?

[DISUNTING]: Ada. Paling member member Ghost itu sendiri.khususnya yg udah lama di Ghost.

Carlton: Bisa beri satu contoh?

[DISUNTING]: Yang pernah buat itu [DATA DIHAPUS].

Carlton: Dan, pertanyaan terakhir: Apa yang bisa kita lakukan dengan uang di RP ini?

[DISUNTING]: Coin maksudnya..? Coin itu untuk membeli senjata di Black Market. Karena aturannya gk boleh bawa snjata dari luar..dn ttp saja walau sdh beli gk bisa asal pakai..hanya boleh membawa senjata saat event, advent, atau saat latihan di dojo. Dan coin juga digunakan utk beli pet di petshop yang dibuka 1 bulan sekali. Pet itu untuk melindungi pemiliknya dan ada juga battle untuk pet.

Carlton: Dan ini benar2 pertanyaan terakhir: Jika anda ingin mempromosikan grup ini, bagaimana anda mengatakannya?

[DISUNTING]: Mengatakan sesuai kondisi dn keadaan yg ada, tidak melebih lebihkan dan dengan penggunaan kata sebaik mungkin.


Screenshot dari Kiriman Tembok Pendiri G.H.O.S.T.

Tampaknya, disebabkan kesalahpahaman, pewawancara kita tanpa sengaja memancing orang-orang untuk 'memusuhinya'. Namun hal baik dari kejadian tersebut adalah bagaimana ketua dari G.H.O.S.T. mengirim post berikut di profilnya.


Tampaknya para member juga menyetujui pendapat Saudara Ketua.




Pros & Cons

Pros:
  • Setidaknya ada dua orang yang roleplay setiap harinya.
  • Tidak ada hal-hal mesum dan tidak sehat lainnya, dan sepertinya akan tetap seperti itu.
  • Komunitas yang sehat dan ramah.
  • (Menurut beberapa sumber) Ketua dari grup ini tegas, seperti Dr. Clef di Yayasan SCP.
  • Event rutin, meskipun tidak konsisten.
  • Kadang-kadang, horror dalam grup ini benar-benar bekerja.
Cons:
  • Penjelasan soal aturannya sangat samar-samar dan berlubang. Kalian mungkin sudah melanggar setidaknya satu aturan sebelum memahami artinya dan seseorang bisa melakukan hal buruk di dalamnya karena hal tersebut TIDAK DILARANG DI ATURANNYA.
  • Terdapat lubang bagi beberapa member untuk melanggar.
  • Kadang kalian akan bertanya-tanya kapan Event ini dimulai dan kapan Event itu dimulai.
  • Untuk roleplay horror, sebagian besar 'horror' grup ini tidak benar-benar bekerja.
  • Membutuhkan sukarelawan untuk meramaikan

Kesimpulan

Roleplay ini merupakan salah satu roleplay paling aktif di Indonesia. Dari enam (6) grup yang saya kunjungi, mungkin ini grup pertama yang saya lihat aktif. Mereka juga sering membuat Event. Biasanya setiap minggu, dan sebagian besar menarik. Jadi jika kalian menginginkan roleplay yang aktif, seru dan sehat, bergabunglah di Ghost Highschool of Scary Tales.

Jadi itulah semua yang bisa saya katakan soal grup G.H.O.S.T. Silahkan bergabung ke grup G.H.O.S.T. (Ghost Highschool of Scary Tales) di Facebook. Jika kalian punya grup roleplay maka kalian bisa meminta kami membuatkan rubrik PGRI untuk grup tersebut.

Bagaimana pendapat kalian soal grup G.H.O.S.T. ini? Katakan lewat komentar. Jika kalian bisa, bagikan kiriman ini kepada teman kalian.

--And as always, have a nice day--

No comments:

Post a Comment