Friday 13 March 2015

TEORI PENJELASAN LORE FIVE NIGHTS AT FREDDY'S


Teori Penjelasan Lore Five Nights at Freddy's - Five Nights at Freddy's 3 sudah dirilis, dan jelas apa yang terjadi saat itu terjadi: Para YouTubers memainkannya dan mengirim gameplay-nya ke YouTube.

Seperti game Five Nights at Freddy's lainnya, atau tepatnya sekarang FNaF, selalu ada lore (kisah) tersembunyi di balik gameplay-nya yagn terbilang simpel, dan seakan tidak ada apa-apanya. Lore yang diceritakan tersebut selalu sangat menarik.

--SPOILER--

Gagasan utama dari lore tersebut adalah soal lima orang anak yang ternyata dibunuh oleh Purple Guy. Anak-anak itu dimasukkan ke dalam kostum animatronic, sehingga para animatronic tersebut berbau seperti mayat. Di restoran yang menjadi latar FNaF pertama, sang Purple Guy terlihat menghancurkan para animatronic, dan pada akhirnya, terbunuh karena kecerobohannya sendiri, yaitu mengenakan kostum animatronic yang memiliki springtrap di dalamnya untuk membodohi para Crying Children (anak-anak yang dibunuh).

---------------

Jadi, biar saya berikan TEORI SAYA TENTANG LORE FIVE NIGHTS AT FREDDY'S. Bagaimanapun juga, SPOILER ALERT! Karena tidak ada cara untuk menulis artikel ini tanpa memberikan spoiler.

Hal utama yang akan jadi bahan analisis kita adalah beberapa minigame yang harus kalian mainkan dan menangkan untuk mendapatkan Good Ending. Ada BB's Adventure, Mangle's Quest, Chica's Party, satu minigame tanpa nama, dan Happiest Day. Yang kalian harus lakukan pada semua minigame tersebut adalah mengumpulkan barang, menemukan jalan rahasia dan akhirnya, memberikan kue kepada para Crying Children.



Semua yang kalian lakukan dalam semua minigame itu adalah hal yang harus kalian lakukan untuk membebaskan jiwa para Crying Children, hingga mereka menghilang, dan melanjutkan hidup tanpa penyesalan (ya, saya sedikit menggunakan Key's Angel Beats! reference di sini, tapi sudahlah).

Jadi, misi utama kalian dalam semua minigame tersebut adalah memberikan kue kepada setiap Crying Child yang kita temui, namun anehnya, jika kita mau menemui para Crying Children, maka kita harus melewati jalan rahasia yang terlihat seakan-akan itu adalah tembok atau semacamnya, dan melewati beberapa glitch 8- bit. Saya akan memberitahukan kepada kalian teori saya soal ini:

Jadi, kejadian di mana kalian bisa menembus tembok, terbang atau sejenisnya, mewakili hal lain, namun glitch pada minigame tersebut bisa jadi semacam statis yang muncul ketika mendekati, kalian tahu... hantu. Bagaimanapun juga, semua glitch atau error tersebut juga bisa disebabkan oleh kerusakkan akibat suatu mesin bergerak keluar dari batas kemampuannya. Tapi, hei, itu hanya teori.


Sekarang pikirkan soal para animatronic yang memberikan kue-kue itu. Kenapa mereka melakukannya? Apa atau siapa yang membuat mereka bekerja sama untuk membebaskan roh anak-anak kecil itu. Mungkin saja para animatronics diprogram untuk melakukan sesuatu kepada anak-anak yang menangis di restoran itu, tapi itu masih belum menjelaskan kejadian para animatronics menembus tembok atau terbang dan sebagainya. Bagaimanapun juga, kita akan mendapat kejelasan seiringan dengan teori ini berlanjut.

Sekarang saya akan bicara soal kehadiran satu sosok yang tidak lain adalah Shadow Bonnie.



Siapakah Shadow Bonnie sebenarnya? Kenapa dia juga memberikan kue kepada seorang Crying Child? Ya, jawaban dari kedua pertanyaan itu bisa apa saja, dan teori untuk hal ini benar-benar banyak, beranak dan bercabang, tapi mari kita saksikan satu per satu.

Apa kalian pernah menyadari kalau Shadow Bonnie tidak muncul di FNaF pertama? Mungkin dia berada di suatu tempat, tapi saya mengatakan ini untuk mengikuti teorinya saja. Kemungkinan itu terjadi karena satu hal: "Shadow Bonnie adalah Mike Schmidt, karakter utama di game pertama".
Ya...ya... saya tahu, FNaF 2 adalah prequel yang bertempat kurang lebih 5 tahun sebelum game pertama dan dia mungkin belum lahir, tapi hanya 5 tahun. Mike tidak mungkin jadi penjaga restoran mengerikan saat umurnya 5 tahun.

Bila kita lihat di "Winning Mini-Games" yang terjadi setiap kita memenangkan satu malam, Mini-Games tersebut berlatar di restoran yang ada di game pertama. Yang saya perhatikan di sini adalah keberadaan Shadow Bonnie di posisi yang mestinya di koridor kiri, yaitu saat kita bermain sebagai Foxy. Tempatnya berada mungkin bisa menjelaskan sesuatu, atau mungkin juga tidak. Tapi coba pikirkan satu hal, sesuatu yang ada di game pertama. Jika kalian melihat Foxy sudah tidak ada di tempatnya lewat kamera yang memantau Pirate Cove, kalian akan mulai menutup pintu kiri, melihat Foxy berlari di koridor kiri dan dia mulai memukul-mukul pintu.

Jadi, satu hal soal ini. Foxy mungkin tidak akan mulai bergerak ke arah kantor bila tidak terpantau lewat kamera koridor kiri tersebut. Sama seperti di Winning Mini-Game itu, ketika Foxy berada di koridor kiri, Shadow Bonnie ada di sana.

Apa kalian juga ingat bagaimana Shadow Bonnie terus menerus berpindah tempat saat kalian memainkan minigame dan  bermain sebagai dia? Dia terus berpindah tempat. Dari minigame Golden Freddy ke minigame BB, dan seterusnya. Berpindah dari ruang ke ruang? Bukankah itu tugas kalian di game ini? Berpindah dari ruang ke ruang melalui kamera?

Yep, teori pertama soal Shadow Bonnie: Mike Schmidt adalah Shadow Bonnie.

Bagaimanapun juga, itu belum menjelaskan soal glitch yang terjadi padanya bila bergerak, dan perlu diingat kalau Mike Schmidt tidak bekerja di restoran di mana Baloon Boy, Mangle atau Springtrap berada.
Ya, glitch terjadi pada sebuah program dengan adanya kesalahan pada hardware atau software komputer. Terutama bila dia harus melakukan sesuatu diluar kemampuannya, seperti merefresh monitor puluhan kali, yang entah kenapa orang-orang masih berpikir akan mempercepat kerja komputer.

Jujur saja, saya akan melewatkan yang satu itu agar theorist lain bisa menjelaskannya, hanya saja itu benar-benar menggangguku. Bisa jadi Shadow Bonnie adalah bahasa pemrograman dari para animatronic dan semua hal di restoran, tapi itu masih tidak menjelaskan bagaimana dia memberikan kue dan bagaimana dia bisa ada di depanmu di game kedua.

Okay, sebelum saya berubah jadi SUPER SOTOY di depan kalian, mari kita lanjut saja.

Jadi, semua minigames ini berakhir dengan kalian bermain sebagai sang Marionette/Puppet yang berjalan di restoran dalam sejenis acara ulang tahun, dengan anak-anak di sana memakai topeng binatang. Acara itupun dihadiri para Crying Children yang sudah memakai topeng para animatronics kesayangan kita (Bonnie, Chica, Foxy dan Freddy) kecuali satu Crying Child yang masih sedih. Sang Marionette/Puppet pun memberikannya kue besar, tak lama kemudian, Crying Child tersebut mengenakan kepala Golden Freddy, dan semua animatronics itu menghilang, termasuk Marionette/Puppet.

Setelah itu, satu-satunya minigame yang kalian bisa mainkan adalah satu Winning Mini-Game di mana para Crying Children berhasil menjebak Purple Guy masuk ke dalam Springtrap, jebakan yang dia buat sendiri. Akhirnya para Crying Children menghilang dan... THE END.

Yes! Glad you finished it


Bicara saya mungkin tidak nyambung sekarang, tapi manakah yang pertama terjadi? Minigame Happiest Day atau Purple Guy terbunuh? Seperti yang kita tahu, restoran yang jadi latar tempat Purple Guy terbunuh sudah diblokade dan tidak mungkin diadakan pesta ulang tahun di tempat itu. Tapi mari bicara Angel Beats!
Ya! Sudah saya bilang pembicaraan ini akan bergerak kemana-mana seperti Mangle, jadi sebelum itu benar-benar terjadi, saya biarkan para fans Angel Beats! memikirkannya sendiri.

Jadi, roh anak-anak yang terbunuh itu tidak tenang bahkan setelah membunuh Purple Guy di bad ending karena kita tidak memberi mereka kue. Jelas sekali, karena mereka masih anak-anak dan mereka dibunh. Itu hal yang benar-benar sangat mengerikan dan traumatik bagi mereka. Tentu saja Happiest Day tersebut dibutuhkan untuk menghilangkan rasa trauma tersebut.

Seperti yang saya katakan, ini hanya teori. Saya tidak menjamin kebenarannya. Bila kalian ingin melihat lebih dekat, kalian bisa beli Five Nights at Freddy's 3 di Amazon (Apps), atau di Steam saja.

Update: Teori Five Nights at Freddy's terbaru sudah saya tulis di blog saya

Jadi, itu sedikit dari semua teori yang saya kumpulkan soal lore dari Five Nights at Freddy's. Tolong cek Facebook, Twitter, channel YouTube, channel YouTube kedua, dan Steam saya.

-- And... have a nice day --

4 comments:

  1. Aku mau nanya kalo syadow bonnie aadalah mike gimana ama syadow freddy

    ReplyDelete
  2. Saya tidak tahu tentang fnaf 3 tapi kalian harus tahu bonnie chica fredy sama foxy beda sama toy bonnie toy chica toy fredy sama mangle

    ReplyDelete
  3. Kenapa Mike bisa jadi shadow bonnie

    ReplyDelete