Wednesday 2 September 2015

Wawancara dengan Pandoev33


Sekitar lima bulan yang lalu Lazuardi Hidayat melakukan wawancara dengan seorang Let's Player dari Indonesia, username Pandoev33 lewat chat Facebook. Pandoev33 nampaknya cukup bekerjasama dengan pewawancara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia.

Jadi apa saja informasi yang dia berikan? Ini dia:

Lazuardi Hidayat (LH): Jadi, pertama-tama terima kasih karena sudah mau kami wawancara.  Sy senang bisa melakukan tanya jawab terhadap salah satu YouTuber paling terkenal di Indonesia


Ok, pertanyaan pertama: Sy sudah lihat video pertama abang, itu video VLOG perjalanan abang ke Yogya, temen2 yg molor direkam, trus gitu. Jadi pertanyaannya, apa sebenarnya niat pertama abang membuat channel YouTube? Apa sudah ada rencana membuat Gaming Commentaries saat itu?

Pandoev33 (P33): 
Ok, pertama: sya bukan youtuber paling terkenal di Indonesia, karena kita punya Raditya Dika or Bayu Skak. 

Pertama kali upload video di youtube itu malah emang ga ada niat sama sekali untuk jadi Youtuber, karena pada waktu itu saya masih sekolah dan ga punya banyak waktu. Lalu saya kenal dunia Youtube pas pertama kali masuk kuliah, Juli 2012. Ketika itu saya n temen saya cuma sekedar iseng-iseng bikin video Gaming Commentaries (waktu itu masih belum ada niat untuk jadi Youtuber). Karena pada waktu itu di Indonesia masih jarang yang bikin video Gaming Commentaries, makanya saya dapet banyak feedback positif dari para viewers, ya walaupun ga sedikit juga yang ngasih kritik-kritik pedas. Dan dari komentar-komentar viewers itu, saya ngeliat ada satu nama yang bikin saya niat untuk jadi Gaming Commentaries. Dia adalah salah satu Youtuber baru Indonesia juga, namanya Ewing Desrosiers. Nah karena komentar dia lah saya ngelanjutin untuk menjadi Gaming Commentaries Indonesia.
LH: Apa channel abang pernah melalui masa sulit? Kalau ya, sebabnya apa terus bagaimana setelah itu?

P33:
Kalau masa sulit, semua Youtuber saya yakin pasti punya masa sulitnya masing-masing. Kalau saya adalah ketika waktu itu peralatan yang saya pakai untuk membuat video masih seadanya. Contohnya Laptop yang masih suka lagging buat mainin game-game ringan, microphone masih seadanya, Kamera cuma 0.3 MP atau bisa dibilang Kamera VGA, internet masih lambat, dan kualitas video saya pun waktu itu buram. Tapi setelah itu saya nabung untuk segala keperluan Recording. Hasilnya: sekarang kamera udah jadi 5MP untuk Gaming dan 12MP untuk Cover Music (bagi saya itu cukup), Laptop udah lumayan kuat untuk main game-game berat, internet juga udah cepat untuk sekedar upload dan download, kualitas video saya pun sekarang udah Watchable 480p untuk Gaming dan 720p untuk Cover Music, dan subscriber pun sudah semakin banyak sebagai motivasi saya untuk selalu bikin video di Youtube
LH: Ok, next question: Kapan waktu paling tepat bagi abang buat melaksanakan recording?

P33:
Waktu paling tepat adalah saat rumah sedang sepi, entah itu pagi, siang, atau malam. Karena kalo sepi, lebih enak buat teriak-teriak

LH: Question #4: Jika abang melakukan editing, apa saja yang harus diedit sebelum videonya benar-benar siap diupload ke YouTube?

P33:
Sebelum editing, saya kumpulin dulu file-file yang nantinya bakal saya edit dalam satu folder. Lalu Compressing beberapa filenya agar bisa diinput ke Software Editingnya (disini saya pake Sony Vegas). Setelah converting, baru semua file bisa diinput dan mulailah proses editing. Apa saja yang harus diedit: Edit pencahayaan. Lalu posisi wajah kita di video, kita edit agar tampak di ujung kiri atas video. Lalu kita juga edit kecocokan timing FaceCam dan Video Gamenya, kita pas-in biar nyambung. Lalu Cropping video atau pemotongan bagian ga penting yang bisa bikin penonton bosen. Dan edit untuk Intro dan Outro juga. Jadi urutan tepatnya dari persiapan sampai saya upload itu kira-kira:- Preparing: 5 Menit -10 Menit- Recording: 10 Menit - 1 Jam- Converting: 10 Menit - 20 Menit- Editing: 1 Jam - 4 Jam- Rendering: 30 Menit - 1 Jam- Checking: 10 menit - 20 menit- Compressing: 20 Menit - 40 menit- Uploading: 30 Menit - 2 Jam- Processing: 10 Menit - 30 Menit- Sharing: 1 Menit

LH: Ok, jadi pertanyaan selanjutnya: Game macam apa yang menurut abang paling cocok buat video Let's Play atau Gaming Commentaries?

P33:
Semua game cocok untuk dibikin Commentariesnya, tergantung dari orang yang mengomentarinya. Walaupun gamenya ngebosenin tapi yang Commentariesnya seru, pasti yang nonton juga akan terhibur. Begitu juga sebaliknya...


LH: Saya juga dengar abang beli game di Steam lewat Kaskus. Apa abang punya user terpercaya atau abang tinggal search aja lalu selanjutnya LEAP OF FAITH tanpa peduli abang berurusan dengan siapa?

P33:
Yup... search di google, hasil paling atas, liat profilenya, liat testimonialnya, bagus, OK deal. :)

LH: Btw, pertanyaan intermezzo  : Kami denger abang suka anime. Bisa sebutkan Top 3 karakter anime kesukaan abang?

P33:
lol... 3 karakter anime? 1. Nakano Azusa dari K-ON! (jelas), 2. Tsutsukakushi Tsukiko dari HenNeko, 3. Yoshino dari Date a Live

LH: Yep, next question: Apa abang mendapat dukungan dari kerabat-kerabat abang dalam karir YouTube abang?

P33:
Oh jelas, temen2 semua ngesupport saya buat bikin video terus.

LH: Ngomong-ngomong, saya sudah tahu abang  kuliah di Universitas Gunadarma. Jurusan apa yang abang ambil di sana? Tapi, more importantly, apa abang masih akan sering-sering upload video ke YouTube setelah lulus dan bekerja?

P33:
Untuk jurusan, saya jurusan Teknik Informatika, sekarang sudah semester 6... Kalo udah lulus/kerja, mudah2an masih bisa upload terus, karena game di dunia ini ga akan ada habisnya. haha

LH: Sekarang, bisa sebutkan game-game kesukaan abang? Mungkin yang "ever" dan tahun 2014

P33:
Kalo game yg sya suka di tahun 2014... apa ya? bingung, soalnya sya hampir suka dengan smua game yg saya mainin, mulai dari Action, RPG, Racing, Sport, Horror, RTS, FPS, n beberapa game kecil lainnya. Gamer kan emang harusnya gitu

LH: Another intermezzo question: Beberapa orang (yg saya kenal) yg pernah melakukan percakapan pendek dengan abang lewat internet bilang abang itu judes. Emang bener ga sih, abang judes?

P33:
masalah judes, klo orang2 bilang saya begitu... ya maaf ya, karena saya judes pun pasti ada alasannya. Sekarang bayangin aja, beberapa orang nanya pertanyaan yang sama berulang-ulang, padahal udah dijelasin di Post FanPage. ya... 3-4 orang nanya pertanyaan yg sama gpp lah, tapi kalo udah ratusan? pasti agak bete jawabnya, iya ga? 

LH: ya... sy ngerti buat yg masalah judes itu.
Jadi, mari kita buat pertanyaan berbaris:
1. Kapan dan di mana abang lahir? Lalu, abang besar di mana?
2. Sejak kapan abang mulai main game?
3. Apa yg bikin abang suka main game? (Krn asik? Ya, asiknya kenapa?  )
4. Kami tahu abang terinspirasi sama PewDiePie, jadi sejak kapan abang jadi BroArmy?
5. Abang udah punya pacar? (Totally optional, takutnya nanti abang diserang JONES pake kereta)
6. Kapan abang jadi anime lover?
7. Apa ada komunitas sosial yang abang ikuti? Apa aja?
8. Idola abang?
Ya, sy sengaja hapus beberapa krn terlalu sensitif. ;)

P33:
  1. Bogor, Bogor
  2. Seinget saya taun 1997
  3. Karena emang dari kecil udah sendirian terus. Jadi, kalo ga ada game, rasanya kesepian
  4. Sejak saya punya koneksi Internet atau SMA. lol
  5. Untuk sekarang, belum :3
  6. Tahun 2011 kalo ga salah... Sebenernya dari SD udah suka nonton anime, tapi ga addict banget kaya tahun 2011.
  7. Ngga ada, saya orangnya agak kurang bisa membaur
  8. The one and only, Sheila on 7 :)
So lucky
Nice collection back there

Jadi itu dia hasil wawancara Lazuardi Hidayat dengan Pandoev33. Bila kalian ingin tahu lebh soalnya, cek saja Facebook Pandoev33ask.fm Pandoev33 dan kunjungi blog Pandoev33. Tentu saja saya tidak akan lupa mempromosikan channel Pandoev33. Kalian harus coba menonton video-videonya, karena mereka sangat bagus dan dia akan terus upload video di waktu luangnya. Jika kalian meragukan wawancara ini, kalian bisa tanyakan sendiri pada orangnya lewat Facebook.

Jika kalian mau tahu, kalian bisa lihat list saya tentang Let's Player Indonesia.

--And as always, have a nice day--

1 comment: