Friday 9 October 2015

Cara Membuat TCG Kalian Sendiri



Permainan berjenis TCG (Trade Card Game) cukup populer dari dulu hingga sekarang. Kalian mungkin ingat permainan Yu-Gi-Oh, yang telah mendapat adaptasi baik manga ataupun anime (atau sebaliknya). Kartu Yu-Gi-Oh juga cukup populer di Indonesia saat animenya juga populer di Indonesia . Saya bisa menebak kebanyakan dari kalian memainkannya dengan melakukan "Tos" dengan kartu tersebut tanpa benar-benar peduli bagaimana permainannya sebenarnya harus dimainkan.

Namun, zaman sekarang, era 2010-an game TCG bisa dimainkan secara online, lewat komputer atau platform lainnya melawan orang lain di seluruh dunia atau AI. Diantaranya Kantai Collection, Heartstone dan masih banyak lagi yang bisa kalian temukan di Play Store, bahkan Steam.

Dengan banyaknya permainan TCG baru bahkan hingga sekarang, apa kalian tertarik untuk membuat satu game TCG? Bila jawaban kalian "Ya", inilah Cara membuat TCG kalian sendiri:

1. Temukan Genre Permainan Kalian

Genre adalah hal pertama yang harus kalian cari tahu - Fiksi Ilmiah, Fantasy, Modern, Zaman Dahulu. Sebagai contoh: Yu-Gi-Oh kurang lebih merupakan gabungan dari fiksi ilmiah dan fantasy pertengahan, dan untuk contoh lain, KanColle memiliki genre zaman dahulu (Perang Dunia II) dan fiksi ilmiah. Semenjak kalian sendiri yang membuat permainannya, tidak ada yang bisa membatasi kalian.

2. Temukan Latar Belakang dan Cerita yang Menarik

Gagasan satu ini mungkin nampak tidak begitu penting bagi sedikitnya sebagian besar kalian, namun permainan kalian tidak akan seru tanpa ada latar belakang dan cerita yang menemaninya. KanColle sudah melakukan pekerjaan bagus dengan memberikan cerita berupa dunia yang diserang abyssal fleet. Heartstone, pretty much memiliki dunia yang sama dengan Warcraft dan DOTA, yang benar-benar menakjubkan. Sesuaikanlah cerita dengan genre permainan kalian.

3. Perencanaan Lanjut

Perencanaan yang dimaksud adalah peraturan, dan tujuan yang menyenangkan. Bukan card game menyenangkan bila tidak ada peraturan atau terlalu banyak peraturan. Banyak permainan yang memiliki aturan, beberapa dari mereka ketat dan beberapa dari mereka cukup ringan. Lakukanlah eksperimen untuk melihat mana yang cocok. Saat memainkan game, kalian harus menemukan lapangan permainan yang bagus. Kalian bisa juga memikirkan bagaimana turn akan dihilangkan atau didapatkan.

Tentu saja, jika kalian membuat TCG virtual, kemampua programming dibutuhkan.

4. Pikirkan Tipe Kartu yang Bervariasi

Pastinya harus terdapat variasi karakter yang bermacam-macam. Power-ups, Bonus dan Health juga merupakan jenis-jenis kartu yang bisa membuat card game lebih menarik. Kalian juga bisa membuat kartu "rule-bending" untuk mengubah peraturannya. Kartu-kartu tersebut dapat dikelompokan dalam tipe, elemen dan kelas bila kalian para pembuat mengiginkannya.

Kartu-kartu tersebut harus memiliki gambar. Hanya sedikit orang yang mampu menikmati card game hanya dengan melihat tulisan di kartu. Bila kalian tidak bisa menggambar, sewa seorang seniman.

5. Nama

Pastikan nama dari TCG kalian original, catchy dan unik, jadi semua orang ingin memainkan game kalian. (Jangan gunakan nama card game lain seperti Pokemon atau Yu-Gi-Oh)

6. Gunakan Program Semacam MS Paint

Photoshop sangat direkomendasikan. Gambar template kalian, lalu tuliskan pada kartunya kekuatan, warna, attack power, nama dll. Kalian boleh menggambarnya dengan tangan, namun memakan sangat banyak waktu.

7. Print

Percetakan bisa berarti dua hal: Mencetak mereka secara fisik pada kertas atau mencetak secara virtual. Untuk mencetak secara fisik, pastikan gambar kartu kalian sudah benar, lalu save gambar kartu kalian dalam format PNG, JPEG atau BMP, terakhir, tentu kalian membutuhkan mesin cetak untuk mencetak kartu-kartu itu, terakhir simpan dalam suatu wadah dan bagikan.

Jika kalian membuat game kartu virtual, maka kalian harus save gambar tersebut dalam format PNG atau JPEG (karena card game virtual cenderung pada permainan online) dan masukkan dalam database game kalian.

8. Mainkan Bersama Teman

Serius: Permainan kartu adalah soal bermain bersama teman.

Itu Dia!



Hanya itu yang bisa saya beritahu soal cara membuat permaian TCG. Beritahu jika kalian punya lebih banyak untuk dimasukan, dan beritahu jika kalian mengenal card game lain yang tidak saya sebutkan disini.

Saya juga ingin memberitahu - jika kalian ingin melihat kumpulan card game entah bertema anime, untuk anak-anak dan lain-lainnya, kunjungilah website Trading Card Games.

--And as always, have a nice day--

4 comments: