Thursday 12 November 2015

Membuat Fanfiction untuk Franchise yang Tidak Penulis Suka?



Hanya ingin kalian tahu: Saya biasa menulis cerita-cerita fiksi dan mengirimnya di Pulsk pada waktu-waktu sebelumnya. Sekarang, walau dengan situsnya yang mulai tidak mendukung, saya terus menulis. Dan percaya atau tidak, blogger kalian ini membuat fanfic dari seri yang dia tidak sukai, untuk suatu alasan yang samar-samar.

Fanfiction atau fiksi penggemar merupakan karya tidak resmi buatan penggemar dari suatu franchise. Kebanyakan pembuat mereka, seperti yang saya katakan - merupakan penggemar dari fandom tersebut, namun bagaimana bila seseorang yang tidak menyukainya yang membuatnya? Apakah akan menjadi 'haterfiction'? Hatfiction?

Sebenarnya, bila kalian sadar, fanfiction secara umum merupakan karya tidak resmi yang dibuat oleh siapapun, entah dan mengenal serinya dengan baik, entah dia menaruh sesuatu pada seri tersebut atau entah dia suka atau tidak. Kita tidak menyebutnya fanfiction karena dibuat oleh penggemar, namun karena pada awalnya dan kebanyakan dari mereka dibuat oleh penggemar.

Definisi fanfic secara umum lumayan berbeda dengan yang saya sebutkan sebelumnya - yaitu sebuah karya tidak resmi dari dunia fiksi tertentu, dan tidak harus dibuat oleh penggemar, sama seperti doujin. Saya tahu, mestinya kita menemukan istilah lain untuk kasus ini, tapi karya tidak resmi yang dibuat non-fan suatu fandom masih dihitung sebagai fanfiction berdasarkan sifat dasarnya.

Pasti beberapa dari kalian bertanya-tanya - kenapa orang-orang akan membuat karya tidak resmi dari sesuatu yang mereka tidak suka? Saya punya teori kecil yang mungkin bisa memberikan jawaban.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa GGS adalah salah satu sinetron terburuk dalam sejarah negara ini. Alur tidak original, kebanyakan durasi termakan efek slow motion yang berlebihan, special effect yang tidak mendekati bagus dan semua pelanggaran yang dia lakukan. Saya tidak yakin apa orang benar-benar menyukainya. Saat season kedua akan rilis saya sempat berpikir "Mungkin saya akan memberikannya kesempatan dan menonton beberapa episode pertama", dan saya tidak kecewa, karena saya tidak mengharapkan lebih bagus sejak awal.

Saya menemukan banyak fanfic dari GGS di Facebook, Wattpad dan beberapa dari mereka di Pulsk. Seperti yang saya harapkan - sebagian besar dari mereka benar-benar payah. Saya mengenal banyak penulis yang masih SD saat menulis dan mengunggah cerita fiksi tulisan mereka namun fanfic yang saya temukan tersebut lebih buruk dari itu. Percayalah - memang seburuk itu.

Mungkin kalian akan mengatakan "emangnya lu bisa bikin sinetron?", "emangnya bisa bikin cerita bagus?". Jangan katakan itu! Kalian terlihat seperti orang dungu bila melakukan itu! Saya mengatakan demikian karena saya tidak ingin jadi seperti seorang Ibu yang mengatakan bahwa anaknya pintar hanya karena tahu 1 + 1 = 2, atau membodohi orang-orang yang terlibat dalam seri itu dengan mengatakan mereka melakukan kerja bagus. Orang-orang yang bekerja di pertelevisian mestinya professional, tidak ada pengecualian. Sebagai tambahan, saya pernah menemukan anak SMP yang menulis cerita yang lebih baik dari GGS atau sinetron-sinetron lainnya.

Setelah apa yang saya katakan soal seri tersebut, kenapa saya masih menulis doujin tentangnya? Saya memiliki pemikiran aneh - daripada mengatakan apa yang saya tulis dalam tiga paragraf sebelumnya, lebih baik saya menunjukkan bahwa saya bisa melakukan lebih baik dengan konsep utama yang sama (ya, kurang lebih) kepada para fans. Ya! Saya tahu kalau saya tidak perlu menggunakan judul atau dunia yang sama, tapi saya menggunakan judul dan keterangan 'ini fanfic GGS' agar para fans GGS datang dan membacanya, karena merekalah target saya. Sebenarnya, menyenangkan juga memperbaiki sesuatu yang rusak.



Bagaimanapun juga saya sadar, tidak perlu membuat fanfic GGS untuk membuktikan diri saya sendiri. Saya bisa menulis karya original dan menunjukkannya pada mereka, setelah memastikan ceritanya lebih baik dari GGS. Namun, jika kalian memiliki pemikiran yang sama seperti yang saya jelaskan, maka kalian bisa mencobanya sendiri.

Itu saja yang bisa saya katakan disini. Berikan pendapat kalian di komentar.

--And as always, have a nice day--

No comments:

Post a Comment