Tuesday 24 November 2015

Seberapa Menjajikan Game yang Dibuat Menggunakan RPG Maker?


RPG Maker, seperti namanya, merupakan suatu program komputer yang dapat dimanfaatkan untuk membuat game bergenre RPG. Engine satu ini tidak menuntut pengembang untuk mengenal programming untuk bisa membuat suatu game. Bagaimanapun juga, kalian bisa mempelajari beberapa teknik programmig untuk merombak isi dari gamenya lebih banyak daripada tanpa programming.

Bagaimanapun juga, karena kesederhanaan dari engine ini dari sisi penggunaan, nampaknya game buatan engine ini tidak akan menjanjikan terlalu banyak. Tambahan programming script memang memberikan banyak kelebihan, namun tidak semua kelebihan yang kalian bisa dapat dari engine lain seperti Unity.

Apakah game RPG Maker memang sepayah itu?

Kita bicara dengan logika saja disini: Engine ini tidak mungkin laku dibeli dan (sayangnya) dibajak bila tidak dapat membuat game berkualitas, dan game tersebut tidak perlu menyerupai Call of Duty. Terdapat beberapa game bagus yang dibuat menggunakan program ini yang dapat kalian beli di Steam, salah satunya adalah 'To The Moon'.



Namun apa yang membuat To The Moon laku di tempat penjualan digital online terbesar di dunia padahal dia merupakan game yang dibuat dengan RPG Maker?

Hal paling utama yang harus kalian lakukan untuk membuat game RPG Maker kalian lebih laku adalah membuatnya berbeda. Secara umum, game RPG Maker memiliki ciri-ciri berikut:
  1. 2D Top-down view
  2. Text bar standar (bisa diletakan di atas, di bawah atau di tengah).
  3. Cara input angka dan huruf.
  4. Interaksi-interaksi yang terdapat dalam menu 'Event'.
  5. Secara umum menggunakan keyboard.
Sekarang, saya pribadi berpikir bahwa merubah mereka berempat tidak begitu penting . Kalian bisa menyelesaikan game kalian dengan keempat hal diatas masih ada di game kalian, tapi jika kalian mau membuat gaya game RPG Maker yang berbeda, kalian bisa menemukan cara untuk merubahnya. Entah kalian ingin merubahnya agar nampak seperti Shadowrun atau XCOM, silahkan cari cara.

Namun ada beberapa hal yang mungkin ingin kalian rubah. Bukan menggunakan apa yang telah program ini berikan pada kalian dan langsung menggunakannya hingga jadi, melainkan merubahnya hingga menggantinya hingga tidak terlihat sama lagi. Diantaranya yaitu:

  1. Battle system (bila di game kalian terdapat sistem battle).
  2. Character face & sprite.
  3. Audio (Musik, efek suara dsb).
  4. Animasi
  5. Tiles
  6. Enemy images (bila di game kalian terdapat sistem battle).
  7. Font
Apa yang bagus dari game To The Moon adalah karena game tersebut terlihat original meskipun dibuat menggunakan RPG Maker. Character sprites dan musik-musik dalam game tersebut tidak tersedia ketika kalian mampu mendapatkan RPG Maker.

Kalian mungkin bertanya: Apakah memang perlu (dan baik-baik saja) untuk membuat semuanya sendiri dan mengabaikan apa yang RPG Maker sediakan sejak awal?




Saya akan menjawab 'ya' dan 'tidak'. Originalitas benar-benar sangat penting bila kalian ingin membuat suatu produk. Bila kalian membuat game dengan seluruh aset di dalamnya berasal dari RPG Maker, jangan harap game itu berharga lebih dari gratis. Entah game kalian memiliki cerita yang buruk, gameplay yang membosankan dan kekurangan-kekurangan lainnya, bila kalian menggunakan aset original yang bagus (90% atau lebih dari seluruh aset dalam game) maka game kalian patut dihargai lebih daripada zero buck.

Saya mengerti bahwa tidak semua dari kalian memiliki uang yang sangat banyak untuk membuat banyak aset untuk satu game (mungkin banyak dari kalian yang bahkan mengunduh program ini secara gratis) tapi mengertilah: Game kalian tidak berharga bila tidak terlihat original. Bila kalian ingin menjual barang, buatlah setidaknya terlihat, terdengar dan terasa original. Tidak seperti salinan dari Oreo dan Cheetos, tapi sesuatu yang membuat orang-orang sungguh berpikir bila aset-aset game tersebut legitimately original.

Saya tidak akan berbohong pada kalian: Saya menggunakan dua cheat saat membuat aset-aset game untuk game RPG Maker saya. Pertama adalah dengan mengambil aset asli dai RPG Maker kemudian mengeditnya di Photoshop atau GIMP hingga jejak awalnya hampir tidak terlihat. Kedua adalah membuat satu atau dua dunia dimana semuanya (tanah, air, bangunan, makhluk dsj) terlihat wonky (dengan aturan tertentu) agar ketika saya membuat aset-aset yang juga nampak wonky (dengan aturan tertentu), maka orang-orang akan berpikir bahwa hal tersebut memang dimaksudkan agar jadi seperti itu.

Sekarang kita kembali ke pertanyaan di atas: Kita tidak perlu mengabaikan apa yang telah RPG Maker berikan sejak awal.

Saya pribadi akan selalu membuat setidaknya 5% dari seluruh aset saya merupakan aset asli RPG Maker, hanya utuk menunjukan sedikit hormat saya kepada Kadokawa dan semua yang terlibat dalam pembuatan RPG Maker selain dengan memasukkan mereka di credits. Sebagai tambahan, seperti yang saya katakan sebelumnya saya sering mengedit aset-aset original mereka hingga hampir tanpa jejak dari wujud mereka sebelumnya.

Saran terakhir saya untuk kalian adalah untuk tidak menggunakan script terlalu banyak. Hanya gunakan script bila kalian benar-benar membutuhkannya. Kalian juga tidak perlu dikit-dikit pakai script. Banyak yang bisa kalian lakukan dengan Event Command. Hal-hal tersebut termasuk character customization, durabilitas item, jurus, menyerang diluar mode battle dan lain-lain.

Kesimpulan


Saya akan bilang begini: "RPG Maker memang mudah digunakan, namun untuk membuat game yang memiliki nilai merupakan hal sulit apapun engine yang kalian manfaatkan."

Jangan katakan bahwa game kalian tidak beharga karena dibuat menggunakan RPG Maker. Walaupun kalian tidak akan bisa membuat game seperti Fallout 4 atau Call of Duty: Black Ops dengannya kalian masih bisa membuat sesuatu yang bagus dan berharga. Yang harus kalian lakukan adalah membuat game tersebut menyenangkan dan yang paling penting adalah untuk membuatnya berbeda dengan yang lain. Pada dasarnya, RPG Maker merupakan program yang sangat bagus untuk membuat game RPG gaya NES-SNES, bila penggunanya bisa memanfaatkannya dengan baik.

It's not the tool. It's the man

Jadi itu saja yang ingin saya katakan di artikel ini. Semoga post blog saya ini bermanfaat bagi kalian yang mencoba membuat game dengan RPG Maker.

--And as always, have a nice day--

No comments:

Post a Comment