Sunday 25 October 2015

Kelebihan Membuat Fanfiction Crossover SCP Foundation



SCP Foundation merupakan situs web colaborative creative fiction yang menjelaskan keberadaan Yayasan SCP, organisasi fiktif yang bertanggung jawab untuk menyimpan makhluk, lokasi dan objek yang melanggar hukum alam. SCP Foundation menginspirasi banyak pekerjaan spin-off, termasuk video game SCP: Containment Breach.

Sebegitu terkenalnya organisasi fiksi tersebut, banyak juga yang membuat fanfiction, fanart dan jenis-jenis fanwork lainnya, entah mereka adalah cerita cinta antar SCP, humanisasi atau bahkan moefikasi SCP (Ya! Mereka ada). Beberapa orang penggemar yang kreatif juga memutuskan untuk membuat fanfiction crossover - dimana satu fandom disatukan dengan fandom lainnya, semisal Date A Live x Alan Wake.

Perlu diakui bahwa membuat fanfiction berjenis crossover dengan SCP Foundation sebagai salah satu fandom yang disatukan merupakan pilihan yang bagus.

Inilah alasannya:

1. Tujuan Yayasan

Tidak peduli fandom lain yang kalian silangkan dengan SCP adalah dunia dimana terdapat buah iblis yang dapat memberi seseorang kekuatan super, bola yang dapat dimasuki monster-monster imut, atau dunia dimana wanita dengan pakaian aneh yang dinamakan Spirit datang setiap saat dan menimbulkan spacequake, tidak akan masalah jika kalian memasukan Yayasan di dalamnya.

Tujuan dari Yayasan adalah untuk mengamankan dan menyimpan objek-objek anomali agar manusia dapat hidup normal tanpa rasa takut. Jadi, selama kalian membuat SCP sebagaimana mestinya (buat tujuan dan cara bekerjanya konsisten) dan juga membuat dunia fiksi lainnya sebagaimana mestinya (karakterisasi, dll), maka crossover kalian baik-baik saja. Selengkapnya, lihat artikel Tentang Yayasan SCP.

2. Organisasi yang Sangat... Sangat Tertutup

Dalam dunianya, kebanyakan pihak yang mengetahui keberadaan dari Yayasan SCP adalah organisasi-organisasi rahasia lain, termasuk The Bavarian Illuminati yang merupakan bagian dari Global Occult Coalition (GOC). Bila orang-orang melihat ada beberapa orang misterius di saat terjadi kejadian aneh, yang tidak lain adalah agen-agen Yayasan yang sedang dalam misi, kemungkinan besar orang-orang mengira mereka sebagai anggota CIA, atau untuk conspiracy theorists, Illumintati. Bila Yayasan SCP memang benar-benar ada di dunia ini, maka mereka nampaknya tidak akan mendapat perhatian yang sama dengan Illuminati, karena Illuminati merupakan target utama dari para conspiracy theorists.

Bagaimana mereka melakukannya? Bukan salah Yayasan untuk tidak sama populernya dengan Illuminati, lagipula itu memang tugas mereka untuk tetap tersembunyi. Ditambah lagi, orang-orang lebih memperhatikan Illuminati dan kadang-kadang lupa bahwa ada banyak organisasi rahasia di dunia SCP, entah bersifat religius, politik, militer dan lain-lain.

Ini merupakan cara agar Yayasan dapat menjadi pihak yang, dalam fanfiction-nya ternyata 'bertanggung jawab' pada satu hal tersebut, namun pihak lainlah yang jadi kambing hitamnya. Misalnya - Bagaimana bila ternyata Yayasan adalah yang membuat Hakurei Barrier di Gensokyo? Bagaimana bila ternyata Yayasan membuat organisasi Ratatotskr demi melindungi umat manusia dari para Spirit?

3. The Amnestics

Yayasan memanfaatkan obat-obatan khusus yang digunakan untuk menghapus ingatan manusia atau bahkan menulis ulang ingatannya, atau mungkin lebih berbahaya lagi - berpotensi merubah sifat dan perilaku seseorang. Dengan obat ini, bahkan bila dunia hancur pun tidak akan ada yang bisa mengingatnya.

Berkat adanya obat amnestik ini di dunia SCP Foundation, penulis bisa membuat suatu insiden dimana karakter lain dari dunia yang disilangkan dengan dunia SCP terlibat dalam suatu insiden besar yang melibatkan kerjasama kedua pihak dari kedua dunia untuk suatu misi, dan setelah misi selesai, sama sekali tidak akan ada yang ingat soal misi itu, kecuali dari pihak Yayasan SCP tentunya.

Sedangkan untuk kerusakan tambahan seperti gedung yang hancur? Yayasan bisa mengurusnya. Mereka selalu bisa mengurusnya. Mereka sudah melakukannya beberapa kali.

4. Asal Usul yang Samar

Tidak akan ada yang bertanya soal 'memangnya zaman itu SCP sudah ada?' karena tidak ada yang tahu kapan SCP dibentuk. Satu-satunya petunjuk adalah fakta bahwa Yayasan SCP sudah ada sebelum Perang Dunia I, dan sisanya kurang lebih merupakan non-canon.

Informasi soal siapa yang menemukannya pun sedikit samar-samar. Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa para O5 (kedudukan tertinggi di Yayasan) juga merupakan pencipta dari Yayasan SCP. Sebenarnya ada pernyataan lain yang mengatakan bahwa ada kedudukan yang lebih tinggi dari O5, tapi kurang lebih pernyataan tersebut bersifat non-canon.

Sebenarnya, hampir tidak ada tulisan dalam situs SCP bersifat canon. Mereka semua ditulis oleh orang-orang yang berkontribusi, tetap disana jika upvoted dan dihapus bila downvoted. Hal-hal bersifat canon kurang lebih adalah semua yang bisa kalian temukan di tab "Information" di situsnya.

5. Kebijakan Situs

Jika kalian membuat sesuatu yang berhubungan dengan Yayasan SCP, maka kalian bisa melakukan apapun dengannya, termasuk menjualnya (kecuali apapun yang berhubungan dengan gambaran SCP-173) selama kalian mengikuti lisensinya. 

Pada dasarnya, kalian boleh membuat segala jenis remix atau fan works selama kalian memberikan atribusi kepada sumbernya, seperti link menuju artikel SCP yang dilibatkan, penulis aslinya dan terutama menyatakan bahwa SCP bukanlah buatan kalian (kecuali jika kalian memang pembuatnya).

Jadi, apa membuat crossover SCP Foundation ide bagus?


Jika kalian penggemar berat SCP hingga membaca setiap informasi utama di dalamnya, YA. Jika kalian hanya mengenal beberapa SCP atau hanya mengenal SCP sebagai latar game horror, mungkin tidak. 

Bila kalian juga mengenal baik Yayasan SCP, kalian akan sadar bahwa kemungkinan besar, semua SCP yang disimpan Yayasan beserta seluruh SCP Tale merupakan non-canon, dan arguably memiliki tingkatan yang sama dengan fiksi penggemar, mungkin lebih namun tidak banyak. Hal-hal bersifat canon bisa kalian lihat di tab "Information" yang ada di situsnya. Hal tersebut bisa jadi kekurangan atau kelebihan.

Yang ingin saya katakan adalah, dunia Yayasan SCP dapat di-crossover dengan dunia fiksi manapun, dikarenakan sifat dunianya yang 'apapun yang terjadi itu masuk akal' disebabkan sifat-sifat Yayasan sendiri dan ketidakpastian canon.

Community Choices

Di halaman Facebook kami, SCP-Foundation - Indonesia kami membuat pertanyaan soal "fandom manakah yg menurut kalian pantas disilangkan dgn Yayasan SCP?" Inilah jawaban yang kami dapatkan beserta sedikit komentar, hanya untuk franchise yang penulis kenal.

SCP x Touhou - Ide ini sebetulnya dope juga.
SCP x Ghost in shell
SCP x Psycho Pass - Bagus!
SCP x Fate

SCP x Monogatari Series
SCP x GATE jietai no Tatakaeri - Pilihan yang bagus untuk crossover, mengetahui sifat dari serinya.
SCP x Texhnolyze
SCP x Justice League - Thumbs up!
SCP x Adventure Time
SCP x 007 - This is actually pretty sick!
SCP x Command and Conquer
SCP x DayZ
SCP x Fallout



Sebenarnya, ada beberapa crossover dari Yayasan SCP yang telah dibuat komunitas. Mereka dihimpun dalam Project Crossover dari Clef yang dapat dilihat dari situsnya.

Itu saja yang bisa saya katakan pada kalian. Semoga artikel ini menginspirasi kalian untuk membuat crossover tentang SCP Foundation. Dan jika kalian mau, kenapa tidak menambahkan apa yang kalian tahu? Itu akan sangat membantu.

--And as always, have a nice day--

No comments:

Post a Comment