Wednesday 13 January 2016

Mengenal Tokoh Touhou Project - Marisa Kirisame


Marisa Kirisame merupakan seorang penyihir biasa spesialis sihir cahaya dan panas dan tinggal di Forest of Magic. Dia memiliki moto: "It ain't magic if it ain't flashy. Danmaku adalah soal kekuatan tembakan," dan dia memiliki compulsive mania untuk mengoleksi barang. Dia dianggap sebagai salah satu protagonis dari Touhou Project, dengan protagonis lain adalah Reimu Hakurei.

Kepribadian


Marisa sangat terus terang dan informal terhadap semua orang. Dia dapat berlagak sombong, seakan mencoba untuk menipu orang lain, dan seringkali kesulitan dalam menunjukan simpati. Dia cepat bertindak bila mendengar hal yang menarik. Marisa juga terbiasa berbohong, namun dia tidak membuat usaha untuk benar-benar menipu karena kebohongannya benar-benar sangat jelas. Namun, dia menunjukan kepintaran. Kepribadiannya tampak agak menawan karena teman-teman yang dia punya dan kemampuan untuk masuk ke dalam Scarlet Devil Mansion dengan santai.

Dia memiliki kegilaan pada mengoleksi barang dan mungkin memiliki hoarding disorder. Dia keras hati dan enggan membantu. Sebagai pekerja keras, dia sangat rajin, namun dia tidak suka bila orang lain mengetahuinya.

Tidak seperti sebagian besar tokoh, Marisa dikenal berbicara denga ada yang berbeda. Contoh yang paling khusus dan dikenal adalah penggunaan partikel pengakhir kalimat ze(). "Ze" digunakan pada akhir suku kata kerja yang mengeluarkan suara "kelaki-lakian" dan "kasar" kepada pendengar/pembaca. Ze sebagian besar digunakan dalam koteks untuk mengekspresikan keinginan seseorang untuk bertindak (sama seperti "let's" dalam Bahasa Inggris), dan menggunakannya pada kasus lain terdengar lumayan tidak alami, yang mungkin "lancung" dan "menyolok". Sementara dia memang bicara dengan nada "kelaki-lakian", dia tidak bicara dalam bahasa yang "berat" dan "maskulin", namun pada bahasa yang "kasar/santai" dan "kelaki-lakian".

Pekerjaan


Kirisame Magic Shop

Marisa menjalankan sebuah toko untuk apapun sebagai pelengkap di rumahnya. Walaupun itulah pekerjaan utamanya, dia biasanya absen. Di dalam toko, keadaannya benar-benar berantakan hingga tampak seperti min-Forest of Magic.

Perfect Memento in Strict Sense menyediaka beberapa informasi mengenai toko sihir tersebut. Walaupun Marisa secara mengejutkan jujur dengan pelayanannya, menolak untuk menerima bayaran pada pekerjaan yang gagal, toko tersebut tidak memiliki banyak kegunaan karena lokasi yang sulit ditemukan di dalam Forest of Magic dan sifat ambigu dari apa pelayanannya sebenarnya (dalam Touhou Sangetsusei, pada papan nama Kirisame Magic Shop, bukannya nama toko, tidak ada yag tertulis kecuali "what will you do"(なんかします)). 

Three Fairies of Light merupakan pelanggan pertama tokonya, namun Perfect Memento in Strict Sense menyebutkan bahwa dia memilik pelanggan sejak itu, meskipun tidak banyak.

Perampokan

Menurut Perfect Memento in Strict Sense, Marisa dengan berani mendobrak pintu depan dan secara terbuka mengatakan motonya "Aku pinjam ini ze" sambil membawa barang-barang. Kebanyakkan dia mencuri buku, jadi dia mungkin bukan jenis orang yang mencuri uang. Keahliannya untuk "mempelajari gerakan orang lain" mungkin berasal dari kodratnya sebagai seorang pencuri.

Seperti yang ditentang soal bagaimana dia disebut sebagai seorang perampas dalam Bohemian Archive in Japanese Red, Marisa mengatakan: "Hidupku lebih pendek dari hidup kalian bagaimanapun juga, jadi tak bisakah kalian hanya mengambil kembali semuanya setelah aku menendang embernya? Aku hanya meminjam hingga saat itu tiba. Mestinya bagus untuk barang yang aku ambil dengan cara itu, juga." Respon Aya Shameimaru adalah, "Isi dari kutipan tersebut sagat mirip manusia dan kekanak-kanakan".

Kepemilikan


Sapu Ajaib

Sapu ajaib merupakan sapu bambu yang Marisa gunakan untuk terbang. Sapu itu sebenarnya sapu biasa, namun terpapar sihir terus menerus telah menyababkan perkembangan rasa ingin tahu mulai terjadi. Meskipun bambunya mati, dedaunan tampak tumbuh dari gagangnya, secara bebas dari sihir Marisa. Walaupun dalam shooting games, sapu tersebut hanya benda untuk dinaiki, dalam fighting games, sapu tersebut menjadi senjata untuk memukul, dan barrel senjata api untuk menembakkan danmaku, demikian digunakan untuk banyak kegunaan. Sapu dan pakaian mirip penyihirnya khusus untuk penyihir sungguhan.

Mini -Hakkeko

Mini-Hakkeko, barang yang paling dihargai Marisa, adalah sebah perapian yang dia gunakan untuk menggerakkan gerakan khususnya Master Spark. Dapi api dari sebuah kompor meja, hingga menyerupai pelontar api, hingga magicannon lebar yang kuat dan tidak tertandingi, mini-Hakkeko memiliki jarak penggunaan yang rendah. Marisa sendiri mengatakan, "aku bahkan tidak berpikir untuk mencari penghasilan tanpanya". Barang tersebut diberikan kepada Marisa oleh Rinnosuke Morichika sebagai kado perpisahan saat Marisa meninggalkan keluarganya untuk tinggal di Forest of Magic, walaupun beresiko bagi seorang gadis seumurannya untuk memegangnya.

Mushroom Item

Marisa membawa, tersembunyi dalam roknya, produk akhir jamur berbahaya yang terbuat dari sihir jamur. Setelah melempar item tersebut, item itupun meledak. Fakta bahwa dia menyembunyikan mereka dalam roknya tampak berbahaya bahkan bagi Hieda no Akyuu seperti yang dicatat dalam Perfect Memento in Strict Sense.

Kemampuan dan Kekuatan


Penggunaan sihir

Marisa telah melatih dirinya sendiri dalam hal sihir dan spesialis dalam bidang cahaya dan panas. Dia penyihir Timur yang mengambil pendekatan Barat, kebalikan dari Patchouli Knowledge. Meskipun dia tidak bisa menggunakan sihir selain untuk menghancurkan benda, kekuatan penghancurnya sendiri sangat dahsyat. Sihir itu memiliki sedikit kelemahan, sama efektifnya untuk manusia atau youkai. Saat dia menggunakan sistem spell card, dia membuat tampilan sihir bercahaya sambil membasmi youkai tanpa penyesalan. Sihirnya membuat pertunjukan yang bagus untuk danmaku, namun hal tersebut hanya mungkin perjuangan berat dan jujurnya dalam membuat efek berlapis. Sebagian besar mantranya bergantung pada kekuatan di atas kecerdikan dan diberi nama bintang dan fenomena astronomi lainnya.

Terbang

Marisa hampir selalu digambarkan mengemudikan sapunya saat dia terbang. Dalam spinoff fighting game, dia mengemudikan sapu hanya saat assault skills seperti Witch Leyline dan Stardust Reverie, sementara pada semua kesempatan lainnya seperti rangkaian intronya dan midair dash dan terbang, dia terbang tanpa sapu. Namun, grafik dari game-game tersebut digambar oleh Twilight Frontier, bukan oleh ZUN, jadi hal tersebut tidak menegaskan bahwa Marisa dapat terbang tanpa sapu. Dalam Shuusou Gyoku, bagaimanapun juga, dia terbang tanpa sapu.

Perfect Memento in Strict Sense menyebutkan bahwa dia menggunakan sapu ajaib untuk dikemudikan kemana-mana karena dia percaya bahwa itu adalah alat yang penting bagi seorang penyihir. Pada awalnya sapu tersebut merupakan sapu biasa namun dedaunan tumbuh sebagai efek samping dari Marisa menggunakannya pada ritual sihir. Entah dia benar-benar membutuhkan sapunya untuk terbang atau hanya untuk pamer belum dikonfirmasi.

No comments:

Post a Comment